Digitalisasi Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Penjualan Umkm Di Desa Rancabango Pada Masa Pandemi Covid-19
Kata Kunci:
Digitalisasi, UMKM, PandemiAbstrak
UMKM merupakan sektor penting dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Semenjak pandemi covid-19 melanda indonesia, selain menyababkan masalah kesehatan, penurunan ekonomi pada masyarakat pun menjadi masalah utama yang harus diselesaikan. Sejak pademi covid-19 muncul pelaku UMKM diindonesia mengalami penurunan pendapatan yang drastis, bahkan tidak sedikit dari meraka yang harus gulung tikar karena sepinya pembeli akibat dari kebijakan PPKM. Seperti pelaku UMKM yang ada di Desa Rancabango juga mengalami dampak dari kebijakan PPKM. Melihat hal tersebut penulis tergerak untuk membantu pelaku UMKM agar tetap bisa berjalan walaupun PPKM sedang berlangsung. UMKM Lidi Upin Ipin menjadi sasaran untuk menerapkan program membantu UMKM yang terkena dampak PPKM. Dengan menggunakan metode strategi digital marketing diharapkan penjualan Lidi Upin Ipin kembali meningkat yang sebelumnya mengalami penurunan akibat dari kebijakan PPKM. Strategi lakukan beberapa tahhap yaitu, tahap refleksi sosial, pemetaan sosial, tahap perencanaan partisipatif, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Dengan tahapan tersebut pelaku UMKM mendapatkan pengetahuan tentang digital marketing, pelaku UMKM telah mempunyai akun media sosial untuk dagangannya selain itu pelaku juga mempunyai bahan untuk promosi dagangannya dan telah bisa merancang agenda jualan maupun promosi dalam satu minggu kedepan.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jaelani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.