Sosialisasi Menyikapi Berita Hoax di Media Sosial Masyarakat Desa Malasari

Penulis

  • adelia permatasari adeliapermatasari2371@gmail.com
  • , Muhammad Junito Alghifari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Syahid Ilman Alif UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Media Sosial, Hoax, Sosialisasi

Abstrak

Media sosial dalam perkembangan kehidupan manusia hari ini tidak dapat dipisahkan, segala sesuatu yang berhubungan dengan hajat manusia, sangat mudah diakses dimanapun dan kapapun, tetapi masyarakat terkadang lupa akan hal-hal yang bersifat mendasar yaitu kebenaran atau fakta sebuah informasi yang mereka akses dalam media sosial karena valid suatu berita sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan masyarakat maupun media social sebagai alat dalam mengakses hal-hal yang bersifat general. Hari Ini masyarakat sangat sulit dalam memfiltrasi berita-berita yang beredar di dalam media social, hoax atau berita palsu sangat mudah diakses seiring dengan berkembangnya masyarakat dan yang massif menggunakan media sosial dan itu pula menjadi musuh bersama bagi pengguna media sosial. Maka dari itu perlunya ada semacam langkah mensosialisasikan bagiaimana menyaring berita yang bersih dan jauh dari kata hoax, bukan hanya isi beritanya akan tetapi masyarakat yang menyebar luaskan perlu adanya semacam edukasi sebagai langkah awal membentuk masyarakat yang bijak dalam menyikapi suatu berita sehingga hoax yang menjadi musuh bersama, setidaknya bisa dihilangkan dengan langkah-langkah yang kecil.

Referensi

Batuk, Galpianus. Saeful Gunawan. Julimawati. 2021 Profil Petani Sawi di Desa Malasari Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung. Bandung. Geoarea, Vol.04 No. 02 November 2021. Universitas Bale Bandung

Abdillah, Leon Andretti. 2014. SocialMedia as Poliyyical Party Campaign in Indonesia. Jurnal Ilmiah MATRIK Vol.16 No.1, April 2014.

Siswanto, Tito. 2013. Optimalisasi Sosial Media sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah Jurnal Liquidity, Vol. 2, No.1, January-Juni 2013, hlm 80-86.

Supradono, Bambang dan Hanum, Ayu Novianti. 2011. Peran Sosial Media untuk Manajemen Hubungan dengan Pelanggan pada layanan E-Commerce. Jurnal VALUE ADDED, Vol. 7, No. 2, Maret 2011-Agustus 2011

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

permatasari, adelia, , Muhammad Junito Alghifari, & Syahid Ilman Alif. (2024). Sosialisasi Menyikapi Berita Hoax di Media Sosial Masyarakat Desa Malasari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(10). Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2897