Sosialiasi Aplikasi Pln Mobile Kepada Masyarakat di Desa Sukamantri Bekerja Sama Dengan Pihak PLN

Penulis

  • Ahmad Hilmy Al Anshori
  • Vera Octavia

Kata Kunci:

Sosialiasi, Pelayanan Masyarakat, Aplikasi, PLN Mobile

Abstrak

Sudah menjadi hal yang wajar bagi seorang pelanggan untuk meminta service atau pelayanan yang maksimal dari pihak PLN mengenai pelayanan yang diberikan kepada masyarakat oleh pihak PLN itu sendiri. Di era dunia yang sudah memasuki era globalisasi seperti saat ini, mau tidak mau memaksa perusahaan ataupun organisasi untuk selalu senantiasa meningkatkan pelayanan sesuai dengan bidangnya masing-masing secara profesional. PLN terus berusaha untuk membuat dan menciptakan inovasiinovasi yang baru saat ini, yakni PLN Mobile. Aplikasi PLN Mobile ini terhubung dengan AP2T atau Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat dan juga dengan APKT atau Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu. PLN Mobile ini adalah salah satu program wujud dari PLN 123 dalam hal menciptakan hal yang baru dengan hadirnya aplikasi “PLN Mobile”. Sosialisasi ini dilaksanakan kepada masyarakat di Desa Sukamantri dengan menggunakan media webinar dan dipaparkan sosialisasi yang bersangkutan mengenai aplikasi PLN Mobile. Dari hasil pengabdian masyarakat terhadap penggunaan program PLN Mobile tersebut terdapat 3 indikator keberhasilan yaitu jumlah kehadiran, kemampuan memahami apa itu aplikasi PLN Mobile, dan memahami cara penggunaan aplikasi PLN Mobile. PLN mengeluarkan sebuah aplikasi yang bernama PLN Mobile untuk mempermudah masyarakat jika ada keluhan atau pemasangan baru. Tidak perlu datang ke kantor, tinggal install aplikasi PLN Mobile di smartphone dan langsung bisa digunakan.

Referensi

Abdullah Idi. 2011. Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat dan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Abdurrachman, Oemi. 2001. Dasar-dasar Public Relations. Bandung : Citra Adhitya Bakti.

Anggoro, M. Toha. 2008. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka

Ardianto, Elvinaro. 2014. Metodelogi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Effendy,Onong Uchjana. 2009 .Human Relation & Public Relation. Bandung: CV. Mandar Maju, Bandung

Nurudin, 2007.Pengantar Komunikasi Massa.Jakarta : Raja Grafindo Persada

https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings

Rachmadi, F. 1992. Public Relations dalam Teori dan Praktek. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Ruslan, Rosady. 2005. Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi (Konsepsi dan Aplikasi). PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

www.pln.co.id diakses pada Sabtu, 4 September 2021 pukul 11.05 WIB

https://www.antaranews.com/berita/1419257/pln-ajak-masyarakat-gunakan-aplikasipln-mobile-saat-wabah-corona diakses pada Sabtu, 4 September 2021 pukul 11.45 WIB

https://www.merdeka.com/uang/bos-pln-minta-masyarakat-gunakan-aplikasi-plnmobile-berikut-keunggulannya.html diakses pada Sabtu, 4 September 2021 pukul 13.55 WIB

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-17

Cara Mengutip

Anshori, A. H. A. ., & Octavia, V. (2021). Sosialiasi Aplikasi Pln Mobile Kepada Masyarakat di Desa Sukamantri Bekerja Sama Dengan Pihak PLN . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(13), 23–34. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/284

Terbitan

Bagian

Articles