11 Strategi Perancangan Pengemasan Ulang (Repacking) sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) (Penelitian dan Pengabdian di Desa Bojonghaleuang, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat)

Penulis

  • Nadia Nur Hanipah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nadia Nur Hanipah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Arif Nursihah
  • Bagas Priyadi Putra
  • Marissa Lifia Subendi

Kata Kunci:

UMKM , Pengemasan Ulang, Observasi

Abstrak

Perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia memiliki peranan penting dalam perekonomian nasional. Hal ini sangat dimungkinkan karena keberadaan UMKM cukup dominan dalam perekonomian Indonesia. Pengabdian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan dalam perekonomian melalui UMKM dengan menggunakan strategi pengemasan ulang (Repacking) pada produk UMKM yang ada di Desa Bojonghaleuang. Adapun metode yang digunakan yaitu field research dengan melakukan observasi secara langsung kepada para pelaku UMKM, dimana observasi dilakukan untuk mengidentifikasi masalah yang ada dilapangan. Fokus penelitian ini mengarah pada strategi pengemasan ulang (Repacking) sebagai upaya peningkatan kualitas produk UMKM di Desa Bojonghaleuang. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kemasan pada suatu produk memilik peran dan fungsi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas produk. Kemasan yang dirancang sedemikian rupa mampu menambah nilai jual dan daya tarik konsumen. Sebagaimana proses pengemasan ulang (Repacking) yang dilakukan pada produk UMKM di Desa Bojonghaleuang seperti Kerupuk Gurileum dan Keripik Pandan Lestari. Pengemasan ulang (Repacking) pada produk UMKM Kerupuk Gurileum dilakukan dengan menggunakan plastik PP (PolyPropylene) yang semula hanya menggunakan kemasan kantong kresek. Sedangkan pada produk UMKM Keripik Pandan Lestari pengemasan ulang (Repacking) dilakukan dengan menambah logo atau label produk sebagai identitas produk yang menambah daya tarik produk di pasaran.

Referensi

Bank Indonesia. (n.d.). Pengembangan UMKM.

Desa Bojonghaleuang. (2019). Statistik Penduduk. https://bojonghaleuang.desa.id/statistik/penduduk.

Najmudin, D., Pramudya, A. P., & ... (2021). Sosialisasi Penggunaan Kemasan dalam Meningkatkan Usaha Tembakau di Desa Tanjungwangi. Proceedings …, 46(Desember). https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/863%0Ahttps://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/download/863/773

Ningrum, P., & Tri, R. (2022). Problematika Kewajiban Sertifikasi Halal Bagi Pelaku Usaha Mikro Dan Kecil (UMK) Di Kabupaten Madiun. Istithmar: Jurnal Studi Ekonomi Syariah, 6(1), 43–58.

Rahmawati, F. (2013). Pengemasan dan Pelabelan. In Biomaterials (Vol. 29, Issue 34).

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189. https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Nur Hanipah, N., Hanipah, N. N., Arif Nursihah, Bagas Priyadi Putra, & Marissa Lifia Subendi. (2024). 11 Strategi Perancangan Pengemasan Ulang (Repacking) sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) (Penelitian dan Pengabdian di Desa Bojonghaleuang, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(3), 107–118. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2784