KKN SISDAMAS : Implementasi Budaya Literasi di SDN 01 Cisandawut Desa Sindangkerta Kecamatan Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat
Kata Kunci:
budaya literasi, Masyarakat, PendidikanAbstrak
Penelitian ini berisi tentang rendahnya minat membaca di salah satu Desa di Kabupaten Bandung Barat, tepatnya di Kampung Pasir Kihiang, Desa Sindangkerta Tujuan penelitian ini adalah untuk menumbuhkan minat membaca terhadap masyarakat dan anak-anak. Salah satu solusi yang diberikan kepada masyarakat dan anak-anak adalah Budaya Literasi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah SISDAMAS yaitu pengabdian yang berbasis pemberdayaan masyarakat. Metode pengabdian yang dilakukan berpacu kepada petunjuk teknis KKN SISDAMAS, tahapannya yaitu observasi lapangan, refleksi atau pemetaan sosial, penyusunan program pelaksanaan program, evaluasi dan pelaporan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk tridharma perguruan tinggi untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kelompok 297 KKN SISDAMAS melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kp. Pasir Kihiang, RW. 12, Desa Sindangkerta, Transformasi sosial yang dilakukan kelompok KKN 297 dalam kegiatan pengabidan kepada masyarakat dengan cara membuat program “Budaya Literasi”. Budaya Literasi adalah program yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan individu dalam membaca, menulis, memahami, dan menggunakan informasi secara efektif. Hasil penelitian ini diharapkan bisa untuk meningkatkan minat baca, science literacy serta keterampilan berpikir guna menghadapi tantangan di masa depan.
Referensi
Akbar, A. (2020). Minat Literasi Mahasiswa. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 593–596.
Anggraini, S. (2016). Budaya literasi dalam komunikasi. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 15(3), 264–279.
Hendrawan, M. R., & Putra, P. (2022). Integrasi Manajemen Pengetahuan dan Literasi Informasi: Pendekatan Konsep dan Praktik. Universitas Brawijaya Press.
Kalida, M. (2014). Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri. Aswaja Pressindo.
Pergiwa, M. L. (2018). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MEDIA POHON LITERASI PADA SISWA SEKOLA DASAR. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 126–133.
Permatasari, A. (2015). Membangun kualitas bangsa dengan budaya literasi. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB, 148.
Teguh, M. (2020). Gerakan literasi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1–9.
Wandasari, Y. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) sebagai pembentuk pendidikan berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325–342.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Annisa Rendanianti, Linda Yani, Rifki Muhammad Shiddiq, Rizka Fitriyani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.