8 PROGRAM GEMES (GERAKAN MEMBACA SISWA) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA SMPN 2 PANGALENGAN

Penulis

  • Wilma Sa'diyah Rachman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nadya Kayla Maharani Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dhany Muharom Al-bandaniji Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Literasi, Membaca, Siswa

Abstrak

Kemampuan literasi merupakan keterampilan penting dalam hidup. Sebagian besar proses

pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi. Budaya literasi yang

tertanam dalam diri peserta didik mempengaruhi tingkat keberhasilannya, baik di sekolah

maupun kehidupan bermasyarakat. Hal yang paling mendasar dalam praktik literasi adalah

kegiatan membaca. Keterampilan membaca merupakan fondasi untuk mempelajari berbagai

hal lainnya. Tujuan pengabdian adalah untuk pemberdayaan masyarakat sedangkan metode

yang digunakan adalah metodologi Reguler Sisdamas Moderasi Beragama yang memiliki 4

siklus yaitu Siklus I: Refleksi atau Pemetaan Sosial, Siklus II: Penyusunan Program, Siklus III:

Pelaksanaan Program, Siklus IV: Evaluasi dan Pelaporan. Kegiatan ini bekerjasama dengan

Dispusip Kabupaten Bandung. Program GEMES ini terlaksana dengan baik dengan

kerjasama Dispusip Kabupaten Bandung, para guru di SMPN 2 Pangalengan, dan para siswa

yang ikut serta dalam pelaksanaannya.

Referensi

Antoro, Billy. Gerakan Literasi Sekolah Dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi.

Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2017.

Arum Nisma Wulanjani, dan Candradewi Wahyu Anggraeni. “Meningkatkan Minat

Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar.”

Proceeding of Biology Education 3, no. 1 (2019): 26–31.

https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4.

Handayani, Gina, Adisyahputra Adisyahputra, dan Reni Indrayanti. “Correlation

between integrated science process skills, and ability to read comprehension to

scientific literacy in biology teachers students.” Biosfer 11, no. 1 (2018): 22–32.https://doi.org/10.21009/biosferjpb.11-1.3.

Permatasari, Ane. “Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi.” Seminar

Nasional Bulan Bahasa UNIB, 2015, 146–56.

Qodim, Husnul. “Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata (KKN SISDAMAS) Moderasi

Beragama,” 2023, 1–106.

Rahmania, Septi, Mieke Miarsyah, dan Nurmasari Sartono. “The Difference Scientific

Literacy ability of Student having Field Independent and Field Dependent

Cognitive style.” Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi 8, no. 2 (2018): 27–34.

https://doi.org/10.21009/biosferjpb.8-2.5.

Salma, Aini. “Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa

Sekolah Dasar.” Mimbar PGSD Undiksha 7, no. 2 (2019): 122–27.

Sutrianto, Nilam Rahmawan, Samsul Hadi, dan Heri Fitriono. “Panduan Gerakan

Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas.” Direktorat Pembinaan Sekolah

Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016, v+40.

Syahidin, Syahidin. “Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi

Sekolah.” ASATIZA: Jurnal Pendidikan 1, no. 3 (2020): 373–81.

https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i3.163.

Yuriza, Putri Emilia, Adisyahputra Adisyahputra, dan Diana Vivanti Sigit. “Correlation

between higher-order thinking skills and level of intelligence with scientific literacy

on junior high school students.” Biosfer 11, no. 1 (2018): 13–21.

https://doi.org/10.21009/biosferjpb.11-1.2.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-23

Cara Mengutip

Rachman, W. S. ., Maharani, N. K. ., & Al-bandaniji, D. M. . (2024). 8 PROGRAM GEMES (GERAKAN MEMBACA SISWA) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA SMPN 2 PANGALENGAN. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(8), 75–85. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2754