A Pmberdayaan Masyarakat Dusun Ciawitali terhadap Pentingnya Pembelajaran dan Peneraan Al-Qu'an
Artikel Bidang Keagamaan
Kata Kunci:
Empowerment, Al-Quran reading method, HIjaiyah Letter, Early ChilhoodAbstrak
Abstrak
Penelitian yang berbasis pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pentingnya pemberdayaan masyarakat terhadap pentingnya pembelajaran dan penerapan Al-Qur’an dengan metode memperkenalkan huruf hijaiyah pada anak-anak usia 5-10 tahun di Desa Pusakaratu. Penelitian pengabdian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dalam rangka memperoleh informasi yang luas dan mendalam tentang tujuan penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah seorang guru (ustadz/ustadzah) dan atau tokoh penting masyarakat di Desa Pusakaratu, dan para orang tua. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Al-Qur’an dalam memperkenalkan huruf hijaiyah pada anak terdiri dari Perancangan, pelaksanaan, dan Penerapan. Penggunaan metode ini memberikan pemahaman dasar tentang huruf hijaiyah dan kemudahan membedakan huruf dengan baik dan benar, baik secara berurutan maupun acak.
Kata Kunci: Pemberdayaan, Metode Baca Al-Qur’an, Huruf Hijaiyah, Anak usia dini
Abstract
This service-based research aims to find out how important it is to empower the community regarding the importance of learning and applying the Al-Qur'an using the method of introducing hijaiyah letters to children aged 5-10 years in Pusakaratu Village. This service research uses a descriptive qualitative research approach in order to obtain broad and in-depth information about the research objectives. The data sources in this research are a teacher (ustadz/ustadzah) and/or important community figures in Pusakaratu Village, and parents. Collecting data using observation techniques, interviews, and documentation. The research results show that the application of the Al-Qur'an method in introducing hijaiyah letters to children consists of planning, implementation and implementation. Using this method provides a basic understanding of hijaiyah letters and makes it easier to distinguish letters properly and correctly, both sequentially and randomly.
Referensi
Hamid, A. Pengantar Studi Al-Qur’an. Jakarta: Pranada Media Group, 2016.
Lina Amelia, dkk. "“Efektifitas Metode Iqro’ Modifikasi dengan Teknik Pembiasaan dalam Meningkatkan kemampuan mengenal hutuf Hijaiyah Anak Usia Dini”. Vol. 3, No. 2." 2017.
Kurniawan Rivo Alfarizi, Neny Ismiyanti, dkk., Pemberdayaan Masyarakat Sakinah dalam Upaya Pemberantasan Buta HUruf Al-Qur'an di Kampung Sakinah, 2022, JUrnal of Dedication Based on LOcal Wisdom, Jember, UIN K.H Ahmad Siddiq, hlm. 20
Munasib, dkk. 2020, Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Baca Tulis Al-Qur’an, Pirwokerto, UIN Jendral Sudirman, hlm. 443
Wasik, M. A (2016) “Islam Agama Semua Nabi” Dalam Prespektif Al-Qur’an. ESENSIA:Jurnal Ilmi Ilmu Ushuluddin, 17(2), 225.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dede Rahmah Bidang Keagamaan, Diana Putri, Maulida Faidatul Fariha, Muhammad Alif Abdurrahman
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.