Implementasi Metode Kelompok Belajar Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kosakata Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas 4 SDN Cimanong
Kata Kunci:
Pendidikan, Metode Belajar, Bahasa InggrisAbstrak
Pendidikan memiliki peran penting dalam mewujudkan peradaban manusia yang lebih baik dan dapat diberikan melalui lingkungan sekolah. Bahasa menjadi alat komunikasi penting bagi manusia. Pentingnya bahasa Inggris sebagai bahasa internasional mengharuskan pengenalan sejak dini. Pemahaman bahasa Inggris memerlukan kosakata yang baik. Tujuan dibentuknya artikel ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kosakata bahasa inggris pada siswa kelas 4 SDN Cimanong dengan menggunakan metode kelompok belajar. Metode yang digunakan dalam kegiatan KKN ini memadukan antara penelitian dan pengabdian yang bersifat partisifatif aktif dalam berbagai rangkaian kegiatan masyarakat yang terdiri dari 4 tahap yaitu, (1) Social Reflection, (2) Community Organizing & Social Mapping, (3) Participation Planning dan (4) Action. Hasil pengabdian menunjukan bahwa penggunaan metode kelompok belajar terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan menarik. Program ini tidak hanya meningkatkan keterampilan bahasa, tetapi juga membangun dasar pendidikan yang kuat dan pemberdayaan masyarakat di Dusun 1 Kedusunan Cimanong.
Referensi
Arlin, A. F. P., & Mulyani, H. (2021). Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar dan
Pemberdayaan Pertanian di Pondok Pesantren Miftahul Mukhlisin. PROCEEDINGS
UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(54), 71-81.
Dahniar, N. (2018). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Bermain Gambar Pada
Kelompok Belajar Anak Sd Di Kelurahan Katobengke. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah
Universitas Muhammadiyah Buton, 4(2), 39-50
Gumelar, A. A., Faozan, F. M., Nugraha, M. A., Amelia, T., Apipah, Y., & Ridwanullah, A. I.
(2021). Kkn Sisdamas: Maksimalisasi Pemberdayaan Masyarakat dan Merdeka Belajar
dalam Unit Pendidikan di Desa Cimuncang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG
DJATI BANDUNG, 1(54), 31-39.
Mulyanah, E. Y., Ishak, I., & Firdaus, M. I. (2018). Penerapan Metode Total Physical Response
(TPR) Dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Sekolah Dasar (SD). JPsd (Jurnal
Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 175-189.
Pertiwi, A. B., Rahmawati, A., & Hafidah, R. (2021). Metode pembelajaran kosakata bahasa
Inggris pada anak usia dini. Kumara Cendekia, 9(2), 95-105.
Putranti, B. E., & Ambawani, S. (2019). Pentingnya belajar bahasa inggris untuk anak usia
sekolah dasar di lingkungan rt 37 rw 13 kelurahan giwangan kecamatan umbulharjo.
DHARMA BAKTI, 177-183.
Ratminingsih, N. M. (2018). Implementasi board games dan pengaruhnya terhadap hasil
belajar bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(1), 19-28.
Sayd, A. I., Attubel, M., & Nazarudin, H. (2018). Implementasi metode total physical response
(TPR) dalam pembelajaran bahasa Inggris bagi anak-anak sekolah dasar inpres Liliba
Kupang. Bisman-Jurnal Bisnis & Manajemen, 3(01), 17-24.
Suyanto, Kasihani. 2008. English for Young Leaners. Jakarta: Bumi Aksara
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Putri Nabila Alawiyah, Hasby Nur Ramdhani, Sarah Silpia Rahmawati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.