Implementasi Metode Kelompok Belajar Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kosakata Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas 4 SDN Cimanong

Penulis

  • Putri Nabila Alawiyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hasby Nur Ramdhani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sarah Silpia Rahmawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pendidikan, Metode Belajar, Bahasa Inggris

Abstrak

Pendidikan memiliki peran penting dalam mewujudkan peradaban manusia yang lebih baik dan dapat diberikan melalui lingkungan sekolah. Bahasa menjadi alat komunikasi penting bagi manusia. Pentingnya bahasa Inggris sebagai bahasa internasional mengharuskan pengenalan sejak dini. Pemahaman bahasa Inggris memerlukan kosakata yang baik. Tujuan dibentuknya artikel ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kosakata bahasa inggris pada siswa kelas 4 SDN Cimanong dengan menggunakan metode kelompok belajar. Metode   yang   digunakan   dalam   kegiatan   KKN ini   memadukan   antara penelitian  dan  pengabdian  yang  bersifat  partisifatif  aktif  dalam  berbagai rangkaian  kegiatan  masyarakat yang  terdiri  dari  4  tahap  yaitu,  (1)  Social  Reflection,  (2)  Community Organizing  &  Social  Mapping,  (3)  Participation  Planning    dan  (4)  Action. Hasil  pengabdian  menunjukan  bahwa penggunaan metode kelompok belajar terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan menarik. Program ini tidak hanya meningkatkan keterampilan bahasa, tetapi juga membangun dasar pendidikan yang kuat dan pemberdayaan masyarakat di Dusun 1 Kedusunan Cimanong.

Referensi

Arlin, A. F. P., & Mulyani, H. (2021). Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar dan

Pemberdayaan Pertanian di Pondok Pesantren Miftahul Mukhlisin. PROCEEDINGS

UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(54), 71-81.

Dahniar, N. (2018). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Bermain Gambar Pada

Kelompok Belajar Anak Sd Di Kelurahan Katobengke. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah

Universitas Muhammadiyah Buton, 4(2), 39-50

Gumelar, A. A., Faozan, F. M., Nugraha, M. A., Amelia, T., Apipah, Y., & Ridwanullah, A. I.

(2021). Kkn Sisdamas: Maksimalisasi Pemberdayaan Masyarakat dan Merdeka Belajar

dalam Unit Pendidikan di Desa Cimuncang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG

DJATI BANDUNG, 1(54), 31-39.

Mulyanah, E. Y., Ishak, I., & Firdaus, M. I. (2018). Penerapan Metode Total Physical Response

(TPR) Dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Sekolah Dasar (SD). JPsd (Jurnal

Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 175-189.

Pertiwi, A. B., Rahmawati, A., & Hafidah, R. (2021). Metode pembelajaran kosakata bahasa

Inggris pada anak usia dini. Kumara Cendekia, 9(2), 95-105.

Putranti, B. E., & Ambawani, S. (2019). Pentingnya belajar bahasa inggris untuk anak usia

sekolah dasar di lingkungan rt 37 rw 13 kelurahan giwangan kecamatan umbulharjo.

DHARMA BAKTI, 177-183.

Ratminingsih, N. M. (2018). Implementasi board games dan pengaruhnya terhadap hasil

belajar bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(1), 19-28.

Sayd, A. I., Attubel, M., & Nazarudin, H. (2018). Implementasi metode total physical response

(TPR) dalam pembelajaran bahasa Inggris bagi anak-anak sekolah dasar inpres Liliba

Kupang. Bisman-Jurnal Bisnis & Manajemen, 3(01), 17-24.

Suyanto, Kasihani. 2008. English for Young Leaners. Jakarta: Bumi Aksara

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Alawiyah, P. N., Ramdhani, H. N., & Rahmawati, S. S. (2024). Implementasi Metode Kelompok Belajar Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kosakata Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas 4 SDN Cimanong. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(2), 75–83. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2703