Optimalisasi Pendidikan Karakter melalui Workshop Peningkatan Kualitas Tenaga Pendidik dan Kependidikan di Yayasan Miftahul Falah Ashidiqiyyah Panumbangan
Kata Kunci:
Workshop, SDM Pendidikan, Peningkatan Kualitas, Pendidikan KarakterAbstrak
Sejak pandemi covid-19, lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan Yayasan Miftahul Falah Ashidiqiyyah Panumbangan meliputi Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah diharuskan untuk melaksanakan proses pembelajaran campuran antara pelaksanaan daring dan luring. Tidak bisa dipungkiri, adanya perubahan budaya dalam lembaga pendidikan karena wabah Covid-19 ini mengakibatkan beberapa kegiatan sebagai wadah penanaman pendidikan karakter –baik dari bidang ekstrakurikuler, intrakurikuler, dan kokurikuler- menjadi terhambat aktivitasnya. Maka dari itu, kami bermitra dengan Yayasan mengadakan Workshop peningkatan kualitas Tenaga pendidik & Tenaga Kependidikan di Yayasan dengan tujuan sebagai upaya penguatan pendidikan karakter Pendidik & Tenaga Kependidikan dalam menanamkan Pendidikan Karakter kepada siswa dengan mengintegrasikan berbagai kegiatan berupa keterpaduan kegiatan kelas, luar kelas, dan luar sekolah. Metode yang digunakan adalah Workshop dengan tahapan analisis situasi, identifikasi masalah, pelaksanaan, hingga evaluasi melalui survei kuesioner yang dibagikan secara online melalui google formulir. Kegiatan Workshop ini diikuti oleh 30 peserta. Dan hasil yang diperoleh berupa pemahaman dan kebermanfaatan yang didapat oleh peserta melalui workshop ini adalah 53% memiliki pemahaman yang sangat jelas, 40% memiliki pemahaman yang jelas, dan 7% memiliki pemahaman yang cukup jelas. Dengan demikian, para tenaga pendidik dan kependidikan di Yayasan telah memahami urgensi tentang pendidikan karakter dan bagaimana menjadi pendidik yang berkarakter, sehingga kemudian kedepannya mampu menanamkan pendidikan karakter kepada siswa dalam berbagai kegiatan, baik ekstrakurikuler, intrakurikuler, dan kokurikuler.
Referensi
Fitri, H., Maulidasari, I., & Rinzani, N. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN DARING. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 15-16 Januari 2021, 274–282.
Koesoema A, D. (2015). Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Grasindo.
Lestari, P., & Sukanti. (2016). Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler Ekstrakurikuler, Dan Hidden Curriculum. Penelitian, 10(1), 71–96.
Mulyasa, E. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.
Prasetyo, Y. A. (2019). IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MERTOYUDAN. 2(November), 59–66.
Pravesti, C. A., Lianawati, A., Mufidah, E. F., Muis, T., & Fitriya, P. A. (2021). Peningkatan Kualitas Guru Bimbingan dan Konseling melalui Penguasaan Teori Realita. 6(3), 731–739.
Setiawan, A. (2021). Pendidikan Karakter pada Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Keluarga. Ilmiah Mandala Education, 7(1), 319–327.
Susanti, S., Lian, B., & Puspita, Y. (2020). Implementasi Strategi Kepala Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1644–1657. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.629
Tanggu Daga, A. (2021). IMPLEMENTING CHARACTER EDUCATION DURING THE COVID-19 PANDEMIC AT ELEMENTARY SCHOOL. PRIMARY: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10, 836–851.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Elly Marlina
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.