14 Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MTs Terpadu Cahaya Kemala Wijaya

Penulis

  • Wulan Cahya Fitriani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hilda Fadhilah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yulia Fajri Yanti Nurrohmah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

KKN, Motivasi Belajar, Pengabdian Masyarakat, Peserta Didik

Abstrak

Mahasiswa memiliki kewajiban untuk mengimplementasikan Tri Dharma perguruan tinggi melalu kegiatan pengabdian, seperti kegiatan KKN. Melalui kegiatan KKN mahasiswa mendapatkan peluang mengabdi kepada masyarakat dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh. Kegiatan KKN ini  dilakukan di Desa Cipangeran Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat. Berdasarkan hasil observasi ditemui masalah dalam bidang pendidikan mengenai rendahnya semangat dan ketidakatifan peserta didik MTs Terpadu Cahaya Kemala Wijaya dalam pembelajaran. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Terpadu Cahaya Kemala melalui  pengayaan kegiatan sosialisasi pentingnya pendidikan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode pengabdian berbasis system pemberdayaan masyarakat yang terdiri dari empat siklus, yaitu sosialisasi awal dan refleksi social, pemetaan dan pengorganisasian masyarakat, perencaan partisipatif dan sinergi program, serta siklus terakhir adalah pelaksanaan program.  Sebagai upaya untuk menangani masalah tersebut diadakan workshop pentingnya pendidikan di Mts Terpadu Cahaya Kemala Wijaya. Dalam workshop tersebut, peserta didik didorong untuk merencanakan cita-citanya sebagai salah satu factor yang mempengaruhi motivasi belajar. Dengan demikian motivasi belajar peserta didik di Mts Terpadu Cahaya Kemala Wijaya menjadi meningkat dan memiliki kesadaran akan pentingnya menempuh pendidikan yang tinggi. 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-23

Cara Mengutip

Fitriani, W. C., Fadhilah, H. ., & Nurrohmah, Y. F. Y. (2024). 14 Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MTs Terpadu Cahaya Kemala Wijaya. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(9), 158–170. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2671