Strategi Pemasaran dan Urgensi Halal di Era Digital
Kata Kunci:
Digital Marketing, UMKM, Sertifikasi HalalAbstrak
Desa Batulayang merupakan salah satu desa di Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat. Salah satu mata pencaharian masyarakat sekitar Desa Batulayang ialah sebagai pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Masyarakat Dusun 4 Desa Batulayang memiliki pontesi yang cukup besar untuk dipertimbangkan, namun potensi yang dimiliki belum dioptimalkan secara baik dan masih terdapat berbagai permasalahan yang terjadi, salah satunya adalah para pelaku UMKM ini tidak menyadari akan opentingnya digital mareting dan sertifikasi halal. Tujuan dari pengabdian ini yaitu melakukan optimalisasi digital marketing dan sertifikasi halal dengan mengadakan sosialisasi untuk meningkatkan potensi pada setiap UMKM. Metode yang digunakan untuk memperoleh data yaitu dengan melakukan observasi dan sosialisasi secara door to door kepada para pelaku UMKM di Dusun 4 Desa Batulayang. Dengan adanya observasi dan sosialisasi ini dapat lebih mengoptimalkan potensi dari setiap pelaku UMKM dalam hal meningkatkan penjualannya.
Kata Kunci: Digital Marketing, UMKM, Sertifikasi Halal.
Referensi
Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Untuk Bersaing Di Era Pandemi. Competitive, 16 (1), 32–41. http://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/competitive%7C32
Nukeriana, D. (2018). Implementasi Sertifikasi Halal Pada Produk Pangan Di Kota Bengkulu. Jurnal Qiyas, 3(1), 155–162. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/QIYAS/article/view/1310/1102
Puspaningtyas, M., Sulastri, S., & Putri, D. M. (2020). Sertifikat Halal Bagi Produk Makanan dan Minuman untuk Meningkatkan Citra UMKM di Kabupaten Blitar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 101. https://doi.org/10.30999/jpkm.v9i2.647
Robby Aditya, & R Yuniardi Rusdianto. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386
Sukarni, S. (2023). Digital Marketing dan Sertifikasi Halal Sebagai Upaya Pemberdayan. 7(3), 473–481.
Zahrani, H., Ghiafani, I. A., & Putri, V. S. (2021). Optimalisasi Branding UMKM Terhadap Peningkatan Potensi Promosi dan Penjualan Opak Linggar. Oktober, 1–6.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Anneu Puspita Dewi, Fityan Dheandra Muhammad Naufal, Nida Yuliani Zakiyah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.