19. KKN KOLABORATIF : “IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SANTRI DI MDTA NURUL HASANAH PANGALENGAN”.

Penulis

  • Qurrota A'yun UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Anggraeni Salsabila
  • Mia Jumiati
  • Fajar Rohandy UIN Sunan Gunung Djati

Kata Kunci:

metode bernyanyi, semangat belajar, motivasi

Abstrak

Banyak karya tulis ilmiah yang membahas tentang penelitian Metode Bernyanyi dalam
pembelajaran. Penelitian yang dilakukan di MDTA Nurul Hasanah Pangalengan ini sebagai
salah satu program kerja KKN di bidang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk
pengaplikasian serta mengetahui pengaruh metode bernyanyi terhadap semangat belajar
santri di MDTA Nurul Hasanah Pangalengan. Subjek penelitian ini adalah santri tingkat II
DTA (kelas 3 SD) yang berjumlah 14 orang, terdiri dari 8 santri laki-laki dan 6 santri
perempuan.Penelitian dilaksanakan selama masa kerja KKN di bidang pendidikan, yakni
selama 21 hari atau 3 Minggu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket,
dan dokumentasi. Minatsangat berkaitan erat dengan semangat dan motivasi. Metode belajar
sangat penting untuk diperhatikan, karena metode belajar yang salah akan menurunkan minat
belajar, begitupun semangat dan motivasi ikut menurun. Santri yang memiliki motivasi yang
kuat akan memiliki energi yang banyak untuk melakukan kegiatan belajar, namun santri yang
memiliki intelegensi yang cukup tinggi bisa gagal bila kurang motivasi. Oleh karena itu,
semangat belajar dan motivasi sangat berperan terhadap keberhasilan proses belajar santri.
Melalui metode bernyanyi bermuatan materi, diharapkan dapat membantu santri menyerap
cepat materi sebagai upaya inovatif dalam proses belajar. Metode bernyanyi bermuatan
materi menjadi salah satu cara untuk meningkatkan semangat belajar santri tingkat III di
MDTA Nurul Hasanah Pangalengan.
Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Semangat Belajar, Motivasi

Referensi

Alfianto, Ervin. 2017. “Penerapan Ilmu Tajwid Dalam Pembelajaran Al-Qur’an

Untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an.” Seminar Nasional

Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 10.

Al-Maliki, A. A. M. Y. I. A. 1997. “Al-Fawaid al-Janiyyah”, Bairut: Dar al-Bshair alIslamiyah.

Asmsandi, A. “Penerapan Ilmu Tajwid Dalam Membaca Al-Qur’an pada Mata

Pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ),” VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan

Kejuruan Vol. 1, No. 1, Tahun 2021, https://doi.org/10.51878/vocational.v1i1.31

Hanifuddin, A dan Ruston Nawawi. 2017. “Ilmu Tajwid dan Implikasinya Terhadap

Ilmu Qira’ah”, QOF, Vol. 1.1

Hasib, Muhammad, and Ahmad Beadie Busyroel Basyar. 2021. “MENGUJI

PENERAPAN ILMU TAJWID DALAM METODE IQRO: (Studi Pada Pembacaan AlQur’an Di TPQ Al Ikhlas Klepu Sumber Manjing Wetan)”. JURNAL PUSAKA 11

(2):1-12. https://doi.org/10.35897/ps.v11i2.642.

Novianingsih, Anes. 2021. “Meningkatkan Kemampuan Tajwid Remaja Melalui

Magrib Mengaji Di Dusun Cikuya, Desa Selajambe, Kabupaten Kuningan.” Khidmat

(1): 19–34

Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat. 2023. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja

Nyata (KKN SISDAMAS) Moderasi Beragama. LP2M UIN Sunan Gunung Djati

Bandung

Syaifullah, Adiva, Farah Maulida Rahmah, Fathatus Salamah, and Triana

Srisantyorini. 2021. “Penerapan Ilmu Tajwid Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Untuk

Mengembangkan Bacaan Al-Qur’an.” Artikel, 1–4

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

A’yun, Q., Salsabila, A., Jumiati, M., & Fajar Rohandy. (2024). 19. KKN KOLABORATIF : “IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SANTRI DI MDTA NURUL HASANAH PANGALENGAN”. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(2), 201–213. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2646