19. KKN KOLABORATIF : “IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SANTRI DI MDTA NURUL HASANAH PANGALENGAN”.
Kata Kunci:
metode bernyanyi, semangat belajar, motivasiAbstrak
Banyak karya tulis ilmiah yang membahas tentang penelitian Metode Bernyanyi dalam
pembelajaran. Penelitian yang dilakukan di MDTA Nurul Hasanah Pangalengan ini sebagai
salah satu program kerja KKN di bidang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk
pengaplikasian serta mengetahui pengaruh metode bernyanyi terhadap semangat belajar
santri di MDTA Nurul Hasanah Pangalengan. Subjek penelitian ini adalah santri tingkat II
DTA (kelas 3 SD) yang berjumlah 14 orang, terdiri dari 8 santri laki-laki dan 6 santri
perempuan.Penelitian dilaksanakan selama masa kerja KKN di bidang pendidikan, yakni
selama 21 hari atau 3 Minggu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket,
dan dokumentasi. Minatsangat berkaitan erat dengan semangat dan motivasi. Metode belajar
sangat penting untuk diperhatikan, karena metode belajar yang salah akan menurunkan minat
belajar, begitupun semangat dan motivasi ikut menurun. Santri yang memiliki motivasi yang
kuat akan memiliki energi yang banyak untuk melakukan kegiatan belajar, namun santri yang
memiliki intelegensi yang cukup tinggi bisa gagal bila kurang motivasi. Oleh karena itu,
semangat belajar dan motivasi sangat berperan terhadap keberhasilan proses belajar santri.
Melalui metode bernyanyi bermuatan materi, diharapkan dapat membantu santri menyerap
cepat materi sebagai upaya inovatif dalam proses belajar. Metode bernyanyi bermuatan
materi menjadi salah satu cara untuk meningkatkan semangat belajar santri tingkat III di
MDTA Nurul Hasanah Pangalengan.
Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Semangat Belajar, Motivasi
Referensi
Alfianto, Ervin. 2017. “Penerapan Ilmu Tajwid Dalam Pembelajaran Al-Qur’an
Untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an.” Seminar Nasional
Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 10.
Al-Maliki, A. A. M. Y. I. A. 1997. “Al-Fawaid al-Janiyyah”, Bairut: Dar al-Bshair alIslamiyah.
Asmsandi, A. “Penerapan Ilmu Tajwid Dalam Membaca Al-Qur’an pada Mata
Pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ),” VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan
Kejuruan Vol. 1, No. 1, Tahun 2021, https://doi.org/10.51878/vocational.v1i1.31
Hanifuddin, A dan Ruston Nawawi. 2017. “Ilmu Tajwid dan Implikasinya Terhadap
Ilmu Qira’ah”, QOF, Vol. 1.1
Hasib, Muhammad, and Ahmad Beadie Busyroel Basyar. 2021. “MENGUJI
PENERAPAN ILMU TAJWID DALAM METODE IQRO: (Studi Pada Pembacaan AlQur’an Di TPQ Al Ikhlas Klepu Sumber Manjing Wetan)”. JURNAL PUSAKA 11
(2):1-12. https://doi.org/10.35897/ps.v11i2.642.
Novianingsih, Anes. 2021. “Meningkatkan Kemampuan Tajwid Remaja Melalui
Magrib Mengaji Di Dusun Cikuya, Desa Selajambe, Kabupaten Kuningan.” Khidmat
(1): 19–34
Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat. 2023. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja
Nyata (KKN SISDAMAS) Moderasi Beragama. LP2M UIN Sunan Gunung Djati
Bandung
Syaifullah, Adiva, Farah Maulida Rahmah, Fathatus Salamah, and Triana
Srisantyorini. 2021. “Penerapan Ilmu Tajwid Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Untuk
Mengembangkan Bacaan Al-Qur’an.” Artikel, 1–4
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Qurrota A'yun, Anggraeni Salsabila, Mia Jumiati, Fajar Rohandy
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.