14 Sosialisasi Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini di Kampung Pasirpogor Puncaksari
Kata Kunci:
Perkembangan Bahasa, Anak Usia Dini, Orang TuaAbstrak
Perkembangan bahasa menjadi salah satu perkembangan pada anak yang penting diperhatikan setiap orang tua. Orang tua hendaknya melakukan pemantauan dan pendampingan dalam setiap perkembangan anak mereka termasuk perkembangan bahasanya, dimulai sejak anak berusia dini. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana perkembangan bahasa pada anak usia dini, bagaimana langkah untuk menghindari gangguan bahasa pada anak usia dini, serta menganalisis dan menggali lebih dalam terkait perkembangan bahasa pada anak usia dini di kampung Pasirpogor, Puncaksari, Penelitian ini dilandaskan pada kebutuhan masyarakat di Desa Puncaksari mengenai edukasi perkembangan bahasa pada para orang, maka dari itu penelitian ini bekerja sama dengan posyandu Mawar di Desa Puncaksari untuk menanamkan kesadaran para orang tua dalam memperhatikan perkembangan bahasa anak mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, kemudian mengadakan sosialisasi dengan menampilkan sajian materi, dijelaskan secara rinci oleh pemateri, serta diskusi dengan para orang tua di kampung Pasirpogor. Hasil dari sosialisasi ini adalah meningkatnya kesadaran masyarakat kampung Pasirpogor terhadap perkembangan bahasa pada anak, meningkatnya wawasan masyarakat terkait apa saja yang harus diperhatikan dalam perkembangan bahasa anak, serta bagaimana solusi dan pencegahan gangguan berbahasa pada anak usia dini.
Referensi
Azhari, S. (2021). “Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di Lembaga PAUD Meraje Gune,” Wisdom: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (2), 190-206, https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i2.3312.
Anggraini, N. (2020). “Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini,” Jurnal Metafora, 7 (1), 43-54.
Friantary, H. (2020). “Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini Zuriah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,” 1 (2), 1-10, https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2010| p. 127-13.
Handayani, A. W., Chandra, A. & Sulianto, J. (2022). “Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Ditinjau dari Aspek Fonetik dan Aspek Semantik,” Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5 (1), 1-7.
Puspadi, N. L. (2022). “Perkembangan Bahasa Anak Umur 0-3 Tahun dalam Lingkungan Keluarga Wacana Saraswati,” 22 (1), https://doi.org/10.46444/wacanasaraswati.v22i1.396.
Willyana. (2020). Kasus Kemampuan Berbahasa Pasien Stroke Iskemik: Kajian Linguistik Klinis. Universitas Pendidikan Indonesia.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Witriani Siti Safarina, Putri Najmah Mumtaz, Wiliandra Walantara Sunarya, muhibudin Wijaya Laksana
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.