Menjaga Imun dengan Meningkatkan Iman di Masa Covid-19
Kata Kunci:
Covid-19, KKN-DR, MhasiswaAbstrak
KKN-DR bertujuan untuk mengajarkan mahasiswa turut serta memeberi kontribusi bagi masyrakat sekitar sesuai kemampuan dan kondisi sekitar. Mahasiswa turut andil dalam menanggulangi dampak yang ditimbulkan selama masa pendemi Covid-19 yang keberadanya dirasakan oleh masyarakat. KKN-DR Sisdamas yang dilakukan baik secara daring pada masyarakat sekitar ataupun secara langsung tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan di sekitar daerah nya masing – masing. Tahapan KKN-DR Sisdamas terdiri dari; refleksi sosial (Social reflection), perencanaan program (Paticipation planning) serta pelaksanaan dan evaluasi program. Penelitian ini menggunakan studi lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kp. Kebayunan masih sedikit yang mau mengkuti pengajian di masa Pandemic ini
Referensi
Darmalaksana, W. (2020). Cara Menulis Proposal Penelitian. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Depok, B. K. (2020). Kota Depok Dalam Angka 2020. Depok: BPS Kota Depok.
Linawarti, M., Fathoni, A., & M. Minarsih, M. (n.d.). Studi Deskriptif Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview dalam Merekrut Karyawan Baru di Bank Mega Cabang Kudus. Jurnal of Management
Siyoto, S. M., & Sodik, M. M. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Liberasi Media Publishing.
Frequently Asked Questions (FAQ) COVID-19 per 6 Maret 2020 Kementerian Kesehatan RI. Hal. 1. Pdf
Shofaussamawati. Iman dan Kehidupan Sosial. Jurnal Studi Hadis. issn 2460-755X eissn 2502-8839. Volume 2 Nomor 2 2016. Hal 212Tim Penulis Pusat Pengabdian kepada masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas) Masa wabah Covid-19. Bandung, 2020, Hal.13
Fatkhur Rozi, Setiorini Rahma Safitri, Ibdaul Latifah, Dewi Wulandari. Tiga Aspek dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. Vol. 7, No. 1 : Maret 2021. E-ISSN: 2442-7667. Hal 143
Terjemahan Ihya Ulumuddin.Imam Ghozali (penerjemah, Purwanto,B.Sc.) (Bandung: Penerbit Marja,2016)hal.172
Alwazir Abdusshomad. Pengaruh Covid-19
terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama. Vol. 12 No. 2 (2020). Hal. 110
Ira Suryani, Hasan Ma’tsum, Nora Santi, Murali Manik. Rukun Iman Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak. Jurnal Rukun Iman, Iman, Moral. Vol. 1. Hal. 48
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Alfiyah Luthdiyana
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.