13 Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik dalam Membaca Al-Qur’an Tingkat Madrasah Sebagai Penunjang Belajar Di Madrasah Al-Muwahiddin
Kata Kunci:
motivasi belajar, Al-Qur’an, madrasahAbstrak
Kurang kemampuan peserta didik di Madrasah Al-Muwahiddin membaca Al-Qur’an dengan tuliasan arab dikarenakan peserta didik kerap kali menggunakan Al-Qur’an yang memiliki tulisan latin. Tidak hanya itu, kurangnya tenaga pendidik dalam mengajar juga menjadi hambatan tersendiri dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an bagi peserta didik. Sudah berbagai cara tenaga pendidik mencoba menutup tulisan latin tetapi kerap saja peserta didik mencoba mengambil kesempatan untuk bisa membaca tulisan latin pada Al-Qur’an. Oleh Karna itu, penulis mencoba terjun langsung untuk membantu proses belajar mengajar dengan melakspeserta didikan program mengajar dan membuka donasi Al-Qur’an tanpa tulisan latin untuk Madrasah Al-Muwahiddin. Tujuan dari pengabdian ini yaitu membantu kurangnya tenaga pendidik, tak hanya itu mahasiswa juga ingin meningkatkan motivasi membaca Al-Qur’an dengan tulisan arab terhadap peserta didik di Madrasah Al-Muwahiddin. Adapun hasilnya tenaga pendidik dan peserta didik bisa terbantu dengan adanya tenaga pendidik tambahan dan donasi Al-Qur’an tanpa tulisan latin yang memotivasi agar bisa membaca Al-Qur’an dengan tulisan arab yang baik dan benar.
Referensi
Akbar, F. (2019). PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA Al QURAN SISWA KELAS III DI SDN 69 KABANTA KOTA BIMA. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 30–44. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v3i1.375
Arsyad, A., & Salahudin, S. (2018). Hubungan Kemampuan Membaca Al Qur’an Dan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Pai). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2), 179–190. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i2.476
Della Indah Fitriani, & Fitroh Hayati. (2020). Penerapan Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 15–30. https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.227
Erpida, J., Anwar, A., & Hitami, M. (2022). Konsep Pendidikan Dalam Al Quran. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 19(1), 1–12. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v19i1.384
Muhammad Mukhofifin, Fatimah Azzahra, & Ahmad Saefudin. (2022). Korelasi Antara Perhatian Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Madrasah Ibtida’iyah Negeri Bawu Jepara. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(2), 200–208. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i2.314
Putra, P., & Syafrudin, S. (2020). Scramble Learning Model to Improve the Ability Reading the Quran in Elementary School/Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah. Journal AL-MUDARRIS, 3(1), 26. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v3i1.332
Syaifullah, M. (2017). Penerapan Metode An-Nahdliyah dan Metode Iqro’ dalam Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Kajian Ilmu Pendidikan, 2(1), 131–162.
Syaikhu, A. (2020). URGENSI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN BAGI SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH. Jurnal Auladuna, c, 37–49.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rafii Athallah Aqsal, Nisa Aulia , Neneng Firda Nurhidayanti
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.