Penggunaan Penggunaan Strategi Interactive Learning Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Terhadap Konsep Materi Pembelajaran di MIS Cikawao

Penulis

  • Kani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • M. Farhan Dwi Saputra
  • Rahma Aulia Putri

Kata Kunci:

Strategi Interactive Learning, Pemahaman Konsep Materi, Peserta didik

Abstrak

Strategi Interactive Learning merupakan salah satu strategi pembelajaran yang lebih berfokus pada keaktifan peserta didik. Dikarenakan adanya kekurangan pemahaman peserta didik terhadap konsep materi pembelajaran di MIS Cikawao, maka penggunaan strategi interactive learning dapat menjadi solusi untuk permasalahan tersebut. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskritif kualitatif berupa wawancara dan studi kasus yang terdapat dilingkungan sekitar dengan teknik observasi secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi interactive learning dianggap cukup efektif dengan adanya data yang diperoleh yaitu adanya peningkatan pemahaman peserta didik terhadap konsep materi pembelajaran bahasa Arab materi Al-Mihnah diantaranya; 11 dikatakan baik, 6 dikatakan cukup baik, dan 3 dikatakan kurang baik. Begitupun dalam pembelajaran matematika dikelas 3 diantaranya; 6 dikatakan baik, dan 5 dikatakan cukup baik.

Referensi

Aini, A. (2023, Januari Minggu). Diambil kembali dari glints.com: https://glints.com/id/lowongan/brainstorming-adalah/#:~:text=Teknik%20yang%20satu%20ini%20lebih,lalu%20mengolahnya%20menjadi%20solusi%20kreatif

Ariesandy, K. T. (2021). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Berbentuk Jelajah Lingkungan Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Wahana matematika dan Sains : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 116. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/31695/pdf#:~:text=Temuan%20tersebut%20sesuai%20dengan%20hasil,hasil%20belajar%20siswanya%20tercapai%20maksimal

Asrori, M. (2013). PENGERTIAN, TUJUAN, DAN RUANG LINGKUP STRATEGI PEMBELAJARAN. MADRASAH, 168. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/article/viewFile/3301/5117

DENPASAR, S. N. (2019, November Sabtu). Pengertian Metode Penugasan Dalam Pembelajaran. https://www.smpn1-dps.sch.id/artikel/read/662/Pengertian-Metode-Penugasan-Dalam-Pembelajaran.html#:~:text=Pengertian%20Metode%20Penugasan%20atau%20metode,dan%20dapat%20pula%20menyusun%20karangan

Nabila. (2021). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi). https://japendi.publikasiindonesia.id/index.php/japendi/article/view/170

Ridwan, M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Peneltian Ilmiah. Jurnal Masohi, 3.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Kani, Saputra, M. F. D., & Putri, R. A. (2024). Penggunaan Penggunaan Strategi Interactive Learning Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Terhadap Konsep Materi Pembelajaran di MIS Cikawao. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(5), 45–55. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2552