15 Metode Role Playing dalam Peningkatan Keterampilan Berbahasa Arab Sekolah Dasar di Desa Karyamukti
Kata Kunci:
Bahasa Arab, Metode bermain peran, Pendidikan, PembelajaranAbstrak
Pendidikan merupakan prasyarat tumbuh kembang anak dalam kehidupan, dengan kata lain pendidikan harus mengarahkan seluruh kekuatan kodrat yang ada pada diri anak tersebut, sehingga mereka mencapai rasa aman dan bahagia yang setinggi-tingginya sebagai manusia dan anggota masyarakat. Belajar pada hakikatnya adalah berinteraksi dengan situasi di sekitar seseorang. Proses pembelajaran ditandai dengan perubahan output pada siswa berupa hasil belajar yang baik dan peningkatan motivasi belajar. Bahasa adalah alat komunikasi yang dipelajari seseorang sejak lahir, terlepas dari kemampuan berbahasa Arab yang sangat penting untuk masa depan. Namun bagi sebagian orang belajar bahasa Arab sangatlah sulit, sehingga harus menggunakan metode yang mempermudah belajar bahasa Arab yaitu metode role playing sebagai cara belajar yang menyenangkan. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan mereka terutama dalam kosakata bahasa Arab sehari-hari. Selain itu, komitmen kami untuk belajar bahasa Arab adalah memberikan akses bahasa Arab yang terbatas pada pendidikan sekolah
Referensi
Faridah, Lutfi Ulfah. 2017. Pengenalan Bahasa Arab Sejak Dini, (Online), https://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/151 , Diakses 20 Agustus 2023
Kentjono, Djoko.1990. Dasar-Dasar Linguistik Umum. Universitas Indonesia.
Bromley, K.D. 1992. Language Arts: Exploring Connections (2nd ed). Boston: Allyn
and Bacon.
Sari, Mayang. 2012. Peningkatan Pengenalan Bahasa Inggris Anak Dengan Total Pshycal Response Di Taman Kana-Kanak Negeri Pembina Kabupaten Sijunjung. Padang: Universitas Negeri Padang
Yulinar. 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Kartu Bergambar Taman Kanak-Kanak Pasaman Barat. Jurnal Pesona 1 PAUD, Vol. 1, No. 1
Gumelar, A. A., Faozan, F. M., Nugraha, M. A., Amelia, T., Apipah, Y., & Ridwanullah, A. I. (2021). Kkn Sisdamas: Maksimalisasi Pemberdayaan Masyarakat dan Merdeka Belajar dalam Unit Pendidikan di Desa Cimuncang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(54), 31-39
Arlin, A. F. P., & Mulyani, H. (2021). Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar dan Pemberdayaan Pertanian di Pondok Pesantren Miftahul Mukhlisin. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(54), 71-81
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Fazri Achmad Anugrah Sitepu, Mochamad Ilham, Azmi Wahdani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.