24. GERAKAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN KELANCARAN MEMBACA PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SDN RANCASENGGANG
Kata Kunci:
Gerakan, Literasi, KKN, Pengabdian, RancasenggangAbstrak
Kelancaran membaca siswa di SDN Rancasenggang, Desa Rancasenggang cukup baik dan diperlukan adanya pembiasaan literasi dalam meningkatkan kelancaran membaca pada anak sekolah dasar di Desa Rancasenggang. Sumber daya tenaga kependidikan terbilang cukup dan dikatakan kurang bila harus mengajar dengan jumlah siswa yang tidak sebanding. Tujuan dari diadakannya gerakan literasi ini adalah untuk meningkatkan kelancaran membaca pada anak sekolah SDN Rancasenggang yang diadakan setiap pagi hari sebelum dimulai proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah dengan terjun langsung ke lapangan untuk memulai gerakan literasi membaca, Hasil dari kegiatan gerakan literasi sebagai salah satu program pengabdian KKN 292 ini adalah tinggginya semangat siswa untuk membaca dan rasa ingin membaca sehingga lambat laun siswa-siswi di SDN Rancasenggang mulai meningkatkan budaya literasi membaca di sekolah tersebut.
Referensi
Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung
: Widina Bhakti Persada.
Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas
Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.
Hanafiah, H. (2022). Implementation Of Character Strengthening In Boarding
School Students. International Journal of Education and Digital Learning
(IJEDL), 1(2), 49–54.
Irwansyah, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Widina Bhakti
Persada.
MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 161–169.
Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : Widina Bhakti
Persada.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nisa Ariyanti, Imron Abdullah, Silmi Kaffah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.