Peningkatan Minat Literasi Siswa Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Dan Mobil Perpustakaan Keliling
Kata Kunci:
Pendidikan, Pojok Literasi, Mobil Perpustakaan KelilingAbstrak
Salah satu keterampilan yang harus dimiliki di abad 21 ialah keterampilan literasi. Penyediaan bahan bacaan melalui perpustakaan keliling merupakan upaya yang dapat dilakukan mahasiswa KKN REGULER SISDAMAS Kelompok 46 untuk meningkatkan minat literasi anak anak di desa Jatisari. Kegiatan perpustakaan keliling ini dinaungi oleh Dinas Perpustakaan dan Perarsipan Daerah Kabupaten Bandung yang dilaksanakan di SDIT Al Muhsinin. Tujuan pengabdian in ialah melaksanakan proses peningkatan minat literasi anak anak melalui perpustakaan keliling dan pojok literasi. Metode pengabdian ini ialah kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengabdian dilakukan dengan tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Hasil pengabdian ini: I) Perpustakaan Keliling, dilakukan dengan mengajukan permohonan kepada Dinas Perpustakaan dan Perarsipan Daerah Kabupaten Bandung untuk mengadakan Mobil Perpustakaan Keliling di beberapa sekolah dasar di desa Jatisari; 2) Pojok Literasi, dilakukan oleh mahasiswa KKN REGULER SISDAMAS Kelompok 46 sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi dengan anak anak sekitar posko; 3) Terjadi peningkatan minat baca anak yang cukup signifikan.
Referensi
Aliyyah, Rusi Rusmiati, Reggy Sugiarti, Zahra Anjani, dan Aini Nur Sapaah. 2018. “Developing Entrepreneurship Characters through Community Service Program.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) 2 (2): 265–87. https://doi.org/10.21009/JPMM.002.2.07.
Indriyani, V, M. A Zaim, dan S Ramdhan. 2019. “Literasi Baca Tulis dan Inovasi Kurikulum Bahasa.” KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 5 (1): 107–8.
Kemendikbud. 2017. “Panduan Gerakan Literasi Nasional.” https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/08/panduan-gln.pdf%5C. 2017.
Muhammad, A. 2021. “Pembelajaran Bagi Anak Anak yang Belum Lancar Membaca dan Menulis di Desa Gentong Kecamatan Pakis Kabupaten Malang.” At Tamkin 4 (1): 50–56.
OECD. 2018. “Insights and interpretations.” https://doi.org/10.1787/5f07c75 4-en. 2018.
Rahayu, I, dan Yuliani. 2020. “Pengembangan Model Multiple Intelligences Based Learning Untuk Penguatan Gerakan Literasi Sekolah Dasar Kelas Tinggi.” Jurnal Cakrawala Pendas 6 (1): 63–74.
Setyowati, L, dan W Erdan. 2018. “Menumbuhkan Budaya Literasi Melalui Gerakan ‘Ayo Membaca Buku’ di Perpustakaan MTS Assalam Pasuruan.” Jurnal Vokasindo 6 (2): 100–112.
Sodik, F. 2020. “Pendidikan Toleransi dan Relevansinya dengan Dinamika Sosial.” Tsamratul Fikri | Jurnal Studi Islam 14 (1): 2–3.
Syardiansah, Syardiansah. 2019. “PERANAN KULIAH KERJA NYATA SEBAGAI BAGIAN DARI PENGEMBANGAN KOMPETENSI MAHASISWA.” JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam) 7 (1): 57–68. https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.915.
Zulaikha, Sri Rohyanti, Siti Partini Suardiman, dan Sodiq A Kuntoro. 2016. “PENGEMBANGAN MODEL PERPUSTAKAAN MADRASAH DALAM PENERAPAN LITERASI INFORMASI UNTUK MEMPERSIAPKAN BELAJAR SEPANJANG HAYAT.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi 3 (2): 213–24. https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i2.9812.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Daffa Muwaffaqillah, Gina Agustiani, Sindi Widia, Saca Suhendi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.