Strategi Pemasaran dan Urgensi Sertifikasi Halal di Era Digital

Penulis

  • Nida Yuliani Zakiyah UIN Sunan Gunung Djai Bandung
  • Anneu Puspita Dewi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fityan Dheandra Muhammad Naufal UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Digital Marketing, UMKM, Sertifikasi Halal

Abstrak

Desa Batulayang merupakan salah satu desa di Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat. Salah satu mata pencaharian masyarakat sekitar Desa Batulayang ialah sebagai pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Masyarakat Dusun 4 Desa Batulayang memiliki pontesi yang cukup besar untuk dipertimbangkan, namun potensi yang dimiliki belum dioptimalkan secara baik dan masih terdapat berbagai permasalahan yang terjadi, salah satunya adalah para pelaku UMKM ini tidak menyadari akan opentingnya digital mareting dan sertifikasi halal. Tujuan dari pengabdian ini yaitu melakukan optimalisasi digital marketing dan sertifikasi halal dengan mengadakan sosialisasi untuk meningkatkan potensi pada setiap UMKM. Metode yang digunakan untuk memperoleh data yaitu dengan melakukan observasi dan sosialisasi secara door to door kepada para pelaku UMKM di Dusun 4 Desa Batulayang. Dengan adanya observasi dan sosialisasi ini dapat lebih mengoptimalkan potensi dari setiap pelaku UMKM dalam hal meningkatkan penjualannya.

Referensi

Menengah) Untuk Bersaing Di Era Pandemi. Competitive, 16 (1), 32–41. http://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/competitive%7C32

Nukeriana, D. (2018). Implementasi Sertifikasi Halal Pada Produk Pangan Di Kota Bengkulu. Jurnal Qiyas, 3(1), 155–162. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/QIYAS/article/view/1310/1102

Puspaningtyas, M., Sulastri, S., & Putri, D. M. (2020). Sertifikat Halal Bagi Produk Makanan dan Minuman untuk Meningkatkan Citra UMKM di Kabupaten Blitar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 101. https://doi.org/10.30999/jpkm.v9i2.647

Robby Aditya, & R Yuniardi Rusdianto. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386

Sukarni, S. (2023). Digital Marketing dan Sertifikasi Halal Sebagai Upaya Pemberdayan. 7(3), 473–481.

Zahrani, H., Ghiafani, I. A., & Putri, V. S. (2021). Optimalisasi Branding UMKM Terhadap Peningkatan Potensi Promosi dan Penjualan Opak Linggar. Oktober, 1–6.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Zakiyah, N. Y., Dewi, A. P. ., & Naufal, F. D. M. (2024). Strategi Pemasaran dan Urgensi Sertifikasi Halal di Era Digital. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(7), 345–351. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2486