16 Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM di Desa Tenjolaya Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung
Kata Kunci:
UMKM, Digital Marketing, KKN Sisdamas, Tenjolaya PasirjambuAbstrak
Kemajuan teknologi era globalisasi sekarang ini memudahkan manusia untuk melakukan banyak hal, salah satunya adalah Digital Marketing yaitu pemasaran digital. permasalahan yang terjadi di Desa Tenjolaya adalah pemasaran produk UMKM yang hanya sebatas di desa tersebut. menyikapi hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Supaya produknya tidak hanya di jual di desa tersebut saja, tetapi dijual keluar desa atau daerah lain. Metode yang digunakan diambil dari siklus-siklus KKN Sisdamas yang sudah dijalankan. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi terhadap masyarakat selaku pelaku UMKM. hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui bantuan peserta KKN berupa sosialisasi, pelatihan dan pembimbingan penggunaan smartphone, masyarakat dibantu dengan cara dibuatkan Marketplace dan dibantu mengoperasikan Marketplace nya agar dapat menjual produknya disana.
Referensi
Fridayanti., Sururie, W.W., Aziz, R., Uriawan, W., Zulqiah., & Mardiansyah, Y. 2019. Model
KKN Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Tantangan dan Peluang Pelaksanaan. Alkhidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, Vol2(1), 23- 27.
Kotler, P. & Armstrong, G. 1997. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga
Pramuditya, D. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Tingkat
Pemerintahan Desa. Jurnal Penelitian Komunikasi, Vol17(2), 129-140.
https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/EBISMEN/article/download/37/42/120
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Risna Destiana Sari, hera, Nasya, Rama, Ikhwan Aulia Fatahillah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.