14 Penguatan Literasi Keuangan pada Gen Z Berbasis Pemberdayaan Masyarakat di Desa Cihampelas Kabupaten Bandung Barat
Kata Kunci:
Literasi keuangan, gen Z, pemberdayaan masyarakatAbstrak
Literasi keuangan merupakan bentuk investasi jangka panjang yang bermanfaat dalam proses pengelolaan keuangan. Literasi keuangan menjadi hal yang sangat penting untuk ditanamkan kepada semua kalangan masyarakat terkhusus para pelajar atau Gen Z yang memiliki kecenderungan bersikap konsumtif, karena banyak dari mereka yang belum bisa membedakan prinsip antara keinginan dan kebutuhan. Literasi keuangan menjadi sebuah kewajiban yang harus dimiliki setiap orang mengingat semakin masifnya dampak digitalisasi seperti layanan keuangan yang berbasis aplikasi yang didominasi oleh penggunaan dompet digital atau biasa disebut dengan E-Wallet, yang mana hal tersebut menjadi sebuah tantangan dan tuntutat bagi generasi muda untuk bisa menjadi generasi yang melek keuangan digital. Tujuan dari kegiatan penguatan literasi keuangan ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam mengontrol dan mengambil strategi serta keputusan dalam mengelola keuangan yang baik dan benar. Metode yang dilakukan yaitu sosialisasi atau seminar literasi keuangan berbasis pemberdayaan masyarakat kepada para siswa Sekolah Menengah Atas yang ada di kabupaten Bandung Barat. Berdasarkan hasil sosialisasi literasi keuangan tersebut, terjadi peningkatan pemahaman dan pengetahuan siswa terkait dengan strategi dan keputusan pengelolaan keuangan yang tepat.
Referensi
Kazia Laturette, Luky Patricia Widianingsih, and Lucky Subandi, “Literasi Keuangan Pada Generasi Z,” Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 9, no. 1 (April 30, 2021): 131–39, https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p131-139.
Abdullah Kafabih, “Literasi Finansial Pada Tingkat Sekolah Dasar Sebagai Strategi Pengembangan Financial Inclusion di Indonesia,” MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah 2, no. 1 (August 3, 2020): 1–16, https://doi.org/10.19105/mubtadi.v2i1.3607.
Zulpahmi, Sumardi, and Edi Setiawan, “Penguatan Literasi Keuangan Pada Siswa SMA Assa’adah,” Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia 4 (January 10, 2023): 104–8, https://doi.org/10.35870/jpni.v4i1.125.
Roy Ardiansyah, Syafni Nur Afifah, and Hasan Mahfud, “Kesadaran Mengenai Digital Safety di Kalangan Guru Sekolah Dasar,” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 5, no. 1 (April 5, 2021): 23–31, https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.49073.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Putrina Salama, Novi Hidayati Afsari
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.