Keefektifan Pembelajaran Calistung Secara Berkelompok Ditinjau dari Analisis Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV di SDN Arjasari 02

Penulis

  • Tamara Sausan Universitas Islam negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • An-nisaa’ Shafa Kamila Permadi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Puja Lestari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dadang Husen Sobana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Keefektifan Belajar Calistung, Pembelajaran Berkelompok

Abstrak

Kemampuan calistung (membaca abjad, menulis dan berhitung) merupakan aspek penting dalam perkembangan awal peserta didik. Namun, permasalahan yang dialami peserta didik di kelas IV SDN Arjasari 02 adalah rendahnya kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran calistung, mengidentifikasi kesulitan membaca, menulis, dan berhitung, memberikan rekomendasi perbaikan pembelajaran di masa mendatang, melatih kemampuan membaca, menulis, dan berhitung, dan menganalisis hasil belajar peserta didik. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas 4 SDN Arjasari 02 dengan pembelajaran berkelompok melalui media pembelajaran kreatif, seperti permainan interaktif, cerita bergambar, alat peraga matematika, dan kartu huruf. Metode penelitian meliputi tahap pelaksanaan, demonstrasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran calistung secara berkelompok dengan media pembelajaran kreatif dinilai efektif untuk diterapkan kepada peserta didik karena melatih kemampuan membaca dan menulis ditinjau dari analisis hasil belajarnya. Namun, terdapat 2-3 peserta didik yang masih kesulitan mengenal huruf. Kemampuan berhitung peserta didik tergolong memuaskan karena memahami konsep perkalian 1-10 dengan baik dan menghafalnya. Media pembelajaran kreatif meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran, sedangkan pendekatan pada aspek kreatif dan interaktif mengurangi hambatan belajar mereka. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam bidang pendidikan untuk melatih keterampilan membaca dan pengenalan huruf bagi peserta didik yang kesulitan membaca.

Referensi

Alfurqan, Zulvia Trinova, M Tamrin, & Annisaul Khairat. (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal : Konsep dari . Tarbiyah Al Awlad, 214.

AL-Mujadalah. (2023). Diambil kembali dari QuranO.com: https://qurano.com/id/58-al-mujadilah/ayat-11/

Cahyaning Rizki, Ari Suci; Bakhtiar, Afakhrul Masub;. (2022). PROBLEMATIKA MEMBACA MENULIS DAN BERHITUNG (CALISTUNG). Magistra, 111.

Detikpedia. (2021, 12 23). 10 Hadits Menuntuk Ilmu : untuk Memudahkan Jalan ke Surga. Diambil kembali dari detikEdu: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5866155/10-hadits-menuntut-ilmu-untuk-memudahkan-jalan-ke-surga#google_vignette

Muhsyanur. (2014). Membaca (Suatu Ketrampilan Berbahasa Reseptif. Kota baru: Buginese.

Rauhun. (2021). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Balon Angka Pada Anak Usia Dini Di Kelompok B TK Nurul Hidayah Lempangan Kab.Sinjai. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 17.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Sausan, T., Permadi, A.- nisaa’ S. K. ., Lestari, P., & Sobana, D. H. . (2024). Keefektifan Pembelajaran Calistung Secara Berkelompok Ditinjau dari Analisis Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV di SDN Arjasari 02. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(1), 207–216. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2423