39 Budaya Literasi Sebagai Upaya Pengembangan Karakter Pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri Cikuya 2 Desa Bandasari

Penulis

  • Ananda Fadilah Fadilah Mahasiswa
  • Isef Ilham Maulana
  • Ridwan Ikhwanun Naim

Kata Kunci:

budaya, literasi, karakter

Abstrak

Membudayakan Literasi di sekolah menjadi langkah paling penting bagi pengembangan kemampuan serta wawasan pada siswa. SDN Cikuya 1 dan 2 telah berpartisipasi dalam membudayakan literasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi budaya literasi yang ada di SDN Cikuya 2 serta bagaimana budaya literasi dapat mengembangkan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptis kualitatif. Sumber data kepala sekolah, guru, pustakan, siswa, dan komite sekolah. Teknik analisis data yakni reduksi data, sajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian yakni SDN Cikuya 2 telah membudayakan literasi dengan cukup optimal. Hal ini dibuktikan dengan tersedianya perpustakaan yang memadai dan nyaman untuk para siswa dan pembuatan mading kelas setiap bulannya untuk membiasakan anak membaca dan mencari informasi. Pelaksanaan budaya literasi ini dapat menumbuhkan karakter pada anak yakni karakter tanggungjawab, peduli sosial, toleransi, saling menghargai teman, disiplin, gemar membaca, karakter menghargai prestasi, karakter rasa ingin tahu, karakter kerja keras, karakter kreatif, karakter bersahabat/komunikatif, karakter cinta damai dan peduli lingkungan. Budaya Literasi yang dilaksanakan di SDN Cikuya 2 dapat meningkatkan potensi, kualitas diri dan karakter positif pada siswa

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Fadilah, A. F., Maulana, I. I. ., & Ikhwanun Naim, R. (2024). 39 Budaya Literasi Sebagai Upaya Pengembangan Karakter Pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri Cikuya 2 Desa Bandasari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(1), 305–311. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2377