Pengayaan Rumah Edukasi Bagi Anak-Anak Di Desa Cipangramatan
Kata Kunci:
Rumah Edukasi, Motivasi Belajar, PembelajaranAbstrak
Rumah Edukasi terbentuk dari adanya permasalahan pendidikan yang terjadi
ditambah keadaan yang tidak mendukung proses pembelajaran karena
terdampak pandemi covid-19. Hal ini terlihat dari minimnya fasilitas untuk
pembelajaran daring anak-anak di Desa Cipangramatan dan kurang
interaktifnya proses pembelajaran, sehingga banyak anak-anak yang kurang
memahami materi yang disampaikan. Dengan adanya permasalahan seperti
ini kami membentuk program yang bertujuan untuk mengurangi tingkat
kecemasan orang tua dan menumbuhkan motivasi belajar anak bangkit
kembali, diawali dengan penentuan gagasan, pengumpulan informasi dan
perencanaan untuk menerapkan pendekatan belajar yang menyenangkan
bagi anak. Dengan adanya Rumah Edukasi ini para orang tua di Desa
Cipangramatan merasa terbantu karena anak-anaknya dapat lebih
memahami materi dan lebih bersemangat dalam belajar.
Referensi
Asri, S., Hernita, S. D., Maulina, H., & R, N. (2018). RUDAL (RUMAH
EDUKASI PANTAI AMAL). JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT
BORNEO.
Bambang , W. (2002). Manajemen Sumber DayaManusia. Bandung : Sulita.
Kemendikbud. (2020). Pedoman Edukasi Perubahan Perilaku. Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan.
Mustapa, H., et. all. (2019) Indonesian Human Progressivism (Progresivisme
Manusia Indonesia: Kuantitas Sumber Daya Manusia Indonesia dalam Perspektif
Filsafat Pendidikan). Jurnal Pendidikan Universitas Garut. 13 (1). 86-102
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Juliana Yusron Nasrul Falah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.