Peningkatan Minat Belajar Melalui Pengajaran Inovatif di SDN Jatisari, TK Teratai, dan Pesantren Al-Fitrah

Penulis

  • Shabiq Ghazi Arkaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Abrar Muhammad Ibrahim UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Syifa Mazida Khairani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Vadilla Nopiyanti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Haifa Nurul Shabira UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pendidikan, Minat Belajar, Belajar mengajar

Abstrak

Pendidikan memainkan peran kunci dalam perkembangan masyarakat dan pembentukan masa depan yang lebih cerah. Artikel ini membahas upaya pengajaran yang telah diimplementasikan di SDN Jatisari, TK Teratai, Pesantren Al-Fitrah, dan SDN Jatisari, yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Program pengabdian ini bertujuan untuk memberdayakan siswa melalui metode pengajaran yang inovatif dan materi tambahan yang menarik perhatian mereka. Metode pengajaran melibatkan metode deskriptif, ceramah, diskusi, tanya jawab, dan motivasi, dengan pengajar berkolaborasi dalam kelompok kecil di kelas. Program ini juga mencakup program fun-science yang menghadirkan eksperimen sederhana dalam fisika dan kimia. Hasil dari program pengajaran ini menunjukkan peningkatan minat belajar siswa dan partisipasi aktif mereka dalam proses belajar mengajar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Ghazi Arkaan, S., Ibrahim, A. M., Khairani, S. M., Nopiyanti, V., & Shabira, H. N. (2024). Peningkatan Minat Belajar Melalui Pengajaran Inovatif di SDN Jatisari, TK Teratai, dan Pesantren Al-Fitrah. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(1), 408–417. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2352