Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Sharaf pada Masa Ppkm di Pondok Pesantren Miftahuttaufiq Pasir Biru

Penulis

  • Firdah Fadilah Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Siti Alia Administrasi Publik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

KKN, Sisdamas, Motivasi Belajar

Abstrak

Dalam memahami bahasa arab perlu adanya suatu ilmu, salah satunya ilmu sharaf. Namun kendala dalam mempelajarinya akan selalu ada, terutama saat PPKM ini. Motivasi belajar santri mengalami penurunan karena sudah terlalu lama pembelajaran dilaksanakan dalam jarak jauh, sehingga timbulnya rasa bosan. Tujuan kegiatan KKN ini untuk membantu para santri kelas delapan yang berada disekitar kelurahan Pasir Biru untuk meningkatkan motivasi belajar mereka dalam mempelajari ilmu sharaf. Adapun metode yang digunakan yaitu metode SISDAMAS (Berbasis Pemberdayaan Kepada Masyarakat) yang berbasis pada keilmuan masing-masing prodi. Dengan menggunakan strategi yang telah dilakukan, motivasi belajar mereka mengalami peningkatan. Terbukti dari hasil Pre test dan Post test yang telah dilakukan.

Referensi

Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.

Amirudin, N. (2017). Poblematika Pembelajaran Bahasa Arab. TAMADDUN: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan, 1(1), 1–12.

Costa, M, Choosing the Right Assessment Method: Pre-Test/Post-Test Evaluation, Boston University, Cabrillo Colleges SLO websites 12/17/2013; Revised 4/23/2014

Darisy Syafaah, I. S. D. (n.d.). Tantangan Pesantren Salaf dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Era Globalisasi.

Mardiah, K., Mansur, R., & Sulistiono, M. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pndidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi COVID-19 di SD Negeri 3 Tamanharjo Singosari Malang. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3.

Noor, I. H. (2010). Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 285. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.462

Riduwan, A. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Perguruan Tinggi. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3(2), 95. https://doi.org/10.24034/j25485024.y1999.v3.i2.1886

Rodliyah Zaenuddin. (2012). Pembelajaran Nahwu dan Sharaf dan Implikasinya Terhadap Membaca dan Memahami Literatur Bahasa Arab Kontemporer pada Santri Pesantren Majlis Tarbiyatul Mubtadiin Desa Kempek Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon. Holistik, 13(June), 95–120.

Septiani, I., & Samputra, P. L. (2021). Analisis Pengaruh Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Akibat Dampak Pandemik Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5, 240–249. https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/13797

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-07

Cara Mengutip

Fadilah, F., & Alia, S. . (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Sharaf pada Masa Ppkm di Pondok Pesantren Miftahuttaufiq Pasir Biru. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(2), 80–93. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/233

Terbitan

Bagian

Articles