Pengembangan Pendidikan Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Anak Di Masa Pandemi Covid 19
Kata Kunci:
Pendidikan, Sumber Daya Manusia, MotivasiAbstrak
Sumber daya manusia (SDM) sudah menjadi faktor dominan dalam segala aspe, teidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Pendidikan adalah salah satu pondasi penting bagi kemajuan bangsa dan negara. Dalam melaksanakan perannya untuk melayani kebutuhan pendidikan masyarakat pendidikan memerlukan Sumber daya Manusia yang berkualitas. Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk memberikan gambaran strategi yang dapat dilakukan dalam upaya menumbuhkan motivasi belajar para peserta didik saat ini, khususnya peserta didik pada jenjang Paud, Mi, SMP. Metode yang kami ambil dalam pengabdian ini adalah metode tindakan (Action Reseacrh), peneliti mengamati secara langsung tindakan yang dilakukan siswa dan tenaga pendidik. Oleh karena itu, hasil pengabdian KKN-DR 172 UIN Sunan Gunung Djati Bandung yaitu melaksanakan berbagai kegiatan untuk membantu pengoptimalisasian pendidikan di Desa Sukarapih yang meliputi bantuan mengajar di MIS Gosali Sukamanah , bantuan mengajar pengajian. Hasil pengabdian yang kita peroleh kepada masyarakat yakni betambahnya dorongan motivasi peserta didik untuk mulai belajar luring pasca pandemic Covid-19.
Referensi
Arikunto, S (2002). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rintek Cipta
Aminullah, Ikram & dkk. Proses Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19. Maspul Journal of Community Empowerment
Elmirawati, Hubungan antara Aspirasi siswa dan Dukungan Orangtua dengan motivasi belajar serta implikasinya terhadap bimbingan konseling. Jurnal ilmiah konseling
Sari, L (2013), peran model bermain dalam meningkatkan hasil belajar pada kompetisi dasar menerapkan prinsip-prinsip pelayanan prima. Jurnal penidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan
Suprihatin, S (2015). Upaya Guru dalam meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal pendidikan ekonomi
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Ishmi Alifah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.