22 Revitalisasi Kegiatan Pramuka di SDN 03 Pangalengan Sebagai Upaya Menumbuhkan Kesadaran Siswa Terhadap Pentingnya Pendidikan Pramuka

Penulis

  • Dina Kurnia Ramadhania UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ai Jainab Khoiriah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Bais Yaskur Ilahi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstrak

Desa Margamulya merupakan salah satu pemekaran dari Desa Induk yaitu Desa Pangalengan yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Salah satu sekolah yang ada di Desa tersebut adalah SDN 03 Pangalengan, tempat dimana kami melaksanakan salah satu program kerja yakni Pelatihan Pramuka. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan keterampilan Pramuka, menumbuhkan jiwa kepemimpinan, dan nilai-nilai moral lainnya seperti sikap disiplin pada siswa SDN 03 Pangalengan. Kegiatan KKN ini melibatkan mahasiswa dari berbagai jurusan dengan pendekatan kolaboratif. Selama periode KKN, tim mahasiswa akan bekerja sama dengan guru-guru SDN 03 Pangalengan untuk merencanakan dan melaksanakan berbagai kegiatan Pramuka. Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi pelatihan dasar Pramuka, seperti sejarah kepramukaan, Pelatihan Baris-Berbaris (PBB), pelatihan bendera semaphore, morse, dan tali temali serta aktivitas-aktivitas pembentukan karakter. Selama pelaksanaan KKN dilakukan pemantauan terhadap perkembangan siswa dalam aspek keterampilan pramuka, sikap disiplin, solidaritas, keberanian, dan rasa tanggung jawab. Selain itu, dilakukan evaluasi untuk mengukur dampak positif dari kegiatan pelatihan Pramuka terhadap perkembangan siswa. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai positif pada siswa SDN 03 Pangalengan. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat memperkuat keterlibatan masyarakat Desa Margamulya dalam pendidikan dan pembentukan karakter generasi muda. Dengan demikian, KKN ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pendidikan dan pembangunan masyarakat di Desa Margamulya.

Referensi

Badan Pendidikan dan Pelatihan Pramuka. Pedoman Umum Program Kegiatan Pramuka. Jakarta, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, 2008.

Depdiknas. Modul Pelatihan Pramuka. Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional, 2007.

Soedjito, H. Kepemimpinan Dan Organisasi Pramuka. Yogyakarta, Deepublish, 2015.

Sugiharto, B. Pembelajaran Keterampilan Hidup: Prinsip Dan Implementasi. Jakarta, Kencana, 2019.

Setiawan, A. Prinsip-Prinsip Kegiatan Pramuka. Jakarta, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, 2017.

Badan Pramuka Indonesia. Pedoman Dasar Gerakan Pramuka. Badan Pramuka Indonesia, 2021.

Hamalik, O. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara, 2016.

Moleong, L. J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2017.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-23

Cara Mengutip

Ramadhania, D. K., Khoiriah, A. J. ., & Ilahi, B. Y. (2024). 22 Revitalisasi Kegiatan Pramuka di SDN 03 Pangalengan Sebagai Upaya Menumbuhkan Kesadaran Siswa Terhadap Pentingnya Pendidikan Pramuka. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(9), 254–267. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2252