Pendampingan Pembelajaran Anak Dari Rumah Pada Masa Ppkm Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Desa Paneongan

Penulis

  • Devi Lutfiati Jalilah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mufid Ridlo Efendi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

PPKM, Pendampingan Belajar, Motivasi Belajar

Abstrak

Pandemi covid-19 membuat pemerintah membiijaki agar segala aktivitas
diluar rumah dilakukan dari rumah, salah satunya ialah kebijakan PPKM
(Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Hal tersebut
memberikan banyak dampak pada berbagai bidang kehidupan manusia,
salah satunya ialah proses pendidikan yang semula berlangsung secara
tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh (dari rumah). Selain itu, muncul
beberapa kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring, antara lain
keterbatasan penguasaan teknologi informasi oleh guru dan siswa, sarana
dan prasarana yang kurang memadai, akses internet yang terbatas dan
ketidaksiapan orangtua dalam mendampingi dan membimbing anaknya
belajar serta menurunnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Kegiatan KKN-DR SISDAMAS yang dilaksanakan di Dusun Paneongan
berupa pendampingan belajar dirumah bagi siswa sekolah dasar. Kegiatan
ini dilakukan untuk menumbuhkan kembali motivasi belajar siswa. Dampak
dari kegiatan ini ialah hasil belajar siswa di sekolah menjadi meningkat.
Kegiatan ini dilakukan dalam tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi.

Referensi

Napitu, U., Corry, & Matondang, M. K. D. (2021). Sosialisasi pembatasan

pelaksanaan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro di kelurahan bah Kapul. Community

Development Journal, 2(2), 232–241.

Sudarti, S., Prihandono, T., Sugiyanto, S., & ... (2021). Pendampingan Belajar

Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar

Siswa Di Desa Walikukun …. Jurnal Pendidikan …, 4(1), 55–59. Retrieved from

http://www.jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2496

Suprihatin, A., Ananda, T. A., Mahsa, N., Damayanti, W., Alfiyah, G., Nurulita, M.

F., & Arifin, R. (2020). Efektivitas Pendampingan Belajar Anak Dalam Mengatasi

Kesulitan Orang Tua Saat Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Di Desa

Kebulusan, Kabupaten Kebumen. 1–6.

Wahyuningsih, S., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2020). Implementation of

Leadership Value of Rudy Resnawan as a Learning Resources on Social Studies. The

Innovation of Social Studies Journal, 1(2), 169. https://doi.org/10.20527/iis.v1i2.2094

Wicaksono, A. (2020). ARTIKEL KKN COVID-19 Muhammad Adib Rizal Anindita

Wicaksono Laila Fauziyah Amini. (November).

Yuhenita, N. N., Majid, Y. M., Murat, A. R., & ... (2021). Pendampingan Dalam

Menghadapi Pembelajaran Di Masa Pandemi Bagi Warga Dusun Macanan.

Selaparang …, 4(April), 215–219. Retrieved from

http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/3711

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-03

Cara Mengutip

Jalilah , D. L. ., & Efendi, M. R. (2021). Pendampingan Pembelajaran Anak Dari Rumah Pada Masa Ppkm Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Desa Paneongan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(7), 93–99. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/225

Terbitan

Bagian

Articles