Pendampingan Pembelajaran Anak Dari Rumah Pada Masa Ppkm Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Desa Paneongan
Kata Kunci:
PPKM, Pendampingan Belajar, Motivasi BelajarAbstrak
Pandemi covid-19 membuat pemerintah membiijaki agar segala aktivitas
diluar rumah dilakukan dari rumah, salah satunya ialah kebijakan PPKM
(Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Hal tersebut
memberikan banyak dampak pada berbagai bidang kehidupan manusia,
salah satunya ialah proses pendidikan yang semula berlangsung secara
tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh (dari rumah). Selain itu, muncul
beberapa kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring, antara lain
keterbatasan penguasaan teknologi informasi oleh guru dan siswa, sarana
dan prasarana yang kurang memadai, akses internet yang terbatas dan
ketidaksiapan orangtua dalam mendampingi dan membimbing anaknya
belajar serta menurunnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Kegiatan KKN-DR SISDAMAS yang dilaksanakan di Dusun Paneongan
berupa pendampingan belajar dirumah bagi siswa sekolah dasar. Kegiatan
ini dilakukan untuk menumbuhkan kembali motivasi belajar siswa. Dampak
dari kegiatan ini ialah hasil belajar siswa di sekolah menjadi meningkat.
Kegiatan ini dilakukan dalam tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi.
Referensi
Napitu, U., Corry, & Matondang, M. K. D. (2021). Sosialisasi pembatasan
pelaksanaan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro di kelurahan bah Kapul. Community
Development Journal, 2(2), 232–241.
Sudarti, S., Prihandono, T., Sugiyanto, S., & ... (2021). Pendampingan Belajar
Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar
Siswa Di Desa Walikukun …. Jurnal Pendidikan …, 4(1), 55–59. Retrieved from
http://www.jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2496
Suprihatin, A., Ananda, T. A., Mahsa, N., Damayanti, W., Alfiyah, G., Nurulita, M.
F., & Arifin, R. (2020). Efektivitas Pendampingan Belajar Anak Dalam Mengatasi
Kesulitan Orang Tua Saat Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Di Desa
Kebulusan, Kabupaten Kebumen. 1–6.
Wahyuningsih, S., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2020). Implementation of
Leadership Value of Rudy Resnawan as a Learning Resources on Social Studies. The
Innovation of Social Studies Journal, 1(2), 169. https://doi.org/10.20527/iis.v1i2.2094
Wicaksono, A. (2020). ARTIKEL KKN COVID-19 Muhammad Adib Rizal Anindita
Wicaksono Laila Fauziyah Amini. (November).
Yuhenita, N. N., Majid, Y. M., Murat, A. R., & ... (2021). Pendampingan Dalam
Menghadapi Pembelajaran Di Masa Pandemi Bagi Warga Dusun Macanan.
Selaparang …, 4(April), 215–219. Retrieved from
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Devi Lutfiati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.