23 Menghidupkan Bahasa di Lingkungan Anak-Anak, Pendekatan Kreatif dalam Pembelajaran.
Kata Kunci:
Learning, English, CreativeAbstrak
Dalam upaya untuk memperkuat minat dan kompetensi berbahasa pada anak-anak di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muslimin SAAR II, Desa Singajaya. Artikel ini mengeksplorasi pendekatan kreatif dalam pembelajaran bahasa di lingkungan anak-anak. Latar belakangnya masalahnya adalah kurangnya tenaga pekerja ahli bahasa asing, dan kurangnya media pendukung, Serta kurangnya peduli terhadap pentingnya bahasa dalam konteks global dan kebutuhan untuk mengintegrasikan bahasa asing dalam kurikulum pendidikan. Tujuan penelitian adalah menggambarkan dan menganalisis implementasi program pendidikan yang memadukan metode partisipatif dengan pendekatan kreatif untuk memotivasi anak-anak dalam memahami bahasa, khususnya bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini berhasil menciptakan pengalaman pembelajaran yang dinamis, memotivasi anak-anak untuk mengembangkan kompetensi bahasa asing, dan memberikan dampak positif pada perkembangan masyarakat setempat. Kesimpulannya, pendekatan kreatif dalam pembelajaran bahasa di lingkungan anak-anak dapat efektif menghidupkan bahasa dan meningkatkan minat belajar. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa model pendekatan yang melibatkan pemerintah desa, mahasiswa KKN, dan stakeholder dapat dijadikan inspirasi untuk program serupa di tempat lain.
Kata Kunci : Kreatif, Belajar, Bahasa Inggris
Abstrak
In an effort to strengthen language interest and competence in children at Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muslimin SAAR II, Singajaya Village. This article explores creative approaches to language learning in a children's environment. The background of the problem is the lack of foreign language expert workers, and the lack of supporting media, as well as the lack of concern for the importance of language in a global context and the need to integrate foreign languages in the education curriculum. The purpose of the study is to describe and analyze the implementation of an educational program that combines participatory methods with creative approaches to motivate children to understand languages, especially English. The results showed that the program succeeded in creating a dynamic learning experience, motivating children to develop foreign language competence, and having a positive impact on the development of the local community. In conclusion, a creative approach to language learning in a children's environment can be effective in bringing language to life and increasing interest in learning. The implication of this research is that a model approach involving the village government, KKN students, and stakeholders can be used as inspiration for similar programs elsewhere.
Keyword : Creative, Learning, English
Referensi
Visi dan Misi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati. Diakses dari : https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_prodi/MEQyMUVEMDMtRjkyNi00QUVELUE1Q0ItRjlDRTg4OURENjY5
Mesiono, (2017) BAHASA SEBAGAI CERMIN KEBUDAYAAN, JURNAL TARBIYAH ISSN: 0854 – 2627. Vol. 24.
Syamsuddin, A.R. 1986. Sanggar Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka
Galuh Fandatiar (2015) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KULIAH KERJA NYATA (KKN) PADA UNIVERSITAS MURIA KUDUS, JURAL TEKNIK INDUSTRI, MESIN, ELEKTRO, DAN ILMU KOMPUTER : SIMETRIS, ISSN: 2252-4983 Vol 6
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Raden Rananda Reftian N Tian
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.