16 Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Sirnagalih

Penulis

  • Fransisca Amelia Yusuf FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
  • Arti Maraya
  • Nabillah Putri Muniba
  • , Riyan Ramdani4 UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

SDN SIRNAGALIN, EKSPERIMEN, MINAT BELAJAR

Abstrak

Desa bongas adalah salah satu desa di kecamatan cililin , kabupaten Bandung Barat . dalam
kegiatan KKN Sisdamas permasalahan yang di temui pada bidang pendidikan di salah satu sekolah
tepatnya SDN Sirnagalih yaitu kurangnya minat belajar siswa , oleh karena itu diperlukan sebuah
sistem terbaru yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. karena pendidikan sebagai perantara
menciptakan generasi yang berkualitas, didalamnya terdapat proses belajar dan mengajar.
tentunya untuk menciptakan sebuah pendidikan yang berkualitas diperlukan inovasi baru dalam
kegiatan pembelajaran . kegiatan pembelajaran akan berjalan dengan baik apabila siswa memiliki
minat belajat yang baik . akan tetapi, siswa memiliki minat belajar yang kurang hal ini
dipengaruhi beberapa faktor seperti gaya belajar, kualitas guru dalam mengajar maupun
lingkungan sekitar . salah satu upaya dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu dengan
dikembangkannya metode pembelajaran yang menyenangkan seperti metode pembelajaran
berbasis eksperimen yang dapat meningkatkan minat belajar siswa, selain itu metode
pembelajaran ini menuntut siswa untuk memiliki keterampilan ilmiah, kerjasama kelompok , serta
proses berpikir kritis. selain melakanakan eskperimen sederhana siswa dituntut untuk
mengerjakan lembar kerja sebagai evaluasi pembelajaran. berdasarkan kegiatan yang telah
dilakukan, siswa tampak semangat dalam melaksanakan eksperimen serta siswa mampu
kerjasama dengan baik dalam mengerjakan lembar kerja, serta fokus siswa pada kegiatan
pembelajaran lebih efektif

Referensi

Dimiyanti dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineke Cipta.

Djaali, H. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Falentina, A. R., Saptasari, M., & Indriwati, S. E. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing di Kelas XI IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(10), 1397. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i10.14100

Febriani, M. (2016). Pemanfaatan Lembar Kerja Mahasiswa Untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa: Studi Penerapan Lesson Study Pada Mata Kuliah Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(2), 203. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v16i2.4482

Gie, The Liang. (2002). Cara Belajar Yang Baik. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif. Jakarta: Ghalia Indonesia

Hurlock, E.B. 1990. Psikologi Perkembangan Edisi 5. Jakarta: Erlangga.

Roestiyah. (2012) Strategi Belajar Mengajar.Jakarta. Rineka Cipta

Safrina, S., & Saminan, S. (2015). The Effect of Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Peuradeun, 3(2), 311-322.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Bandung: Tarsito.

Sudjana, N. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-23

Cara Mengutip

Yusuf, F. A., Maraya, A. ., Muniba, N. P., & , Riyan Ramdani4. (2024). 16 Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Sirnagalih . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(9), 185–195. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2239