34 Sosialisasi Seminar Pentingnya Digital Marketing dan Tips Branding Diera-Digital

Penulis

  • saifulalfadz_190501 eman suherman dan sutarya Jurusan manajemen keuangan syariah fakultas ekonomi bisnis islam universitas islam negeri sunan gunung djati bandung
  • saiful alfadz UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Juniffia Puji Rohyatin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mutiara Devia Indianty UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Branding, Digital, Marketing

Abstrak

Berdasarkan observasi yang dilakukan di dusun 3 Batulayang kondisi UMKM yang ada di dusun tersebut masih menggunakan cara pemasaran yang tradisional belum menggunakan pemasaran berbasis digital. Oleh karena itu, penulis mengambil program kerja ini dengan tujuan untuk membantu meningkatkan kinerja pelaku UMKM dan masyarakat yang berminat terjun ke ranah kewirausahaan dari segi Digital Marketing. Dimana untuk pelaksanaan program kerja pada tanggal 1 Agustus sampai dengan 12 Agustus 2023 di Dusun 3 Batulayang di RW 12 dan RW 10. Metode dasar yang digunakan dalam program kerja ini adalah Observasi, Praktek Lapangan, Wawancara, dan Seminar. Sedangkan pengambilan lokasi proram kerja  adalah secara sengaja di Dusun 3 Batulayang dipilih karena banyaknya pelaku UMKM tersebut. Didusun 3 Batulayang juga peminat yang terjun ke ranah wirausahapun sangat banyak, selain itu di Dusun 3 Batulayang merupakan mata pencaharianya dengan berwirausaha. Permasalahan umkm di Dusun 3 Batulayang ini kurangnya literasi digital sehingga omset yang dihasilkannyapun sedikit.Sasaran pemasaran UMKM di Dusun 3 Batulayang ini kebanyakan menawarkan secara langsung kepasar pasar terdekat.Oleh karena itu program kerja yang kami ajukan untuk membantu meningkatkan kenerja pelaku UMKM dan masyarakat yang ingin terjun ke ranah wirausaha dengan melakukan Observasi dan Wawancara ketiap tiap pelaku UMKM dan diakhiri dengan diadakannya Seminar Digital Marketing.

Referensi

Ascharisa Mettasatya Afrilia. 2018. Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurkom, Riset Komunikasi 1 (1). Hal 147–157.

Purwana ES, Dedi, Rahmi, Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) 1(1). 1–17.

Ridwan, Iwan Muhammad. Dkk. 2019. Penerapan Digital marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. JURNAL ABDIMAS BSI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol. 2 No. 1 Februari 2019, Hal. 137-142. E-ISSN : 2614- 6711. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) e-ISSN: 2746-1823, p-ISSN: 2745-8415 Volume 1, No. 1, September 2020

Jurnal Pengabdian Masyarakat Darma Bakti Teuku Umar · July 2020 Vol 2, No 1 (2020) Januari – Juni

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

eman suherman dan sutarya, saifulalfadz_190501, alfadz, saiful, Juniffia Puji Rohyatin, & Mutiara Devia Indianty. (2024). 34 Sosialisasi Seminar Pentingnya Digital Marketing dan Tips Branding Diera-Digital. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(3), 376–391. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2186