39 Strategi Sistem Pembelajaran Interaktif dalam Upaya Peningkatan Sistem Pendidikan Siswa Sekolah Dasar Negeri 02 Cipatik

Penulis

  • agam zuama UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
  • Fikri Fajar Fauzi UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
  • Fuji Widi Jannatun Hasanah UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Kata Kunci:

pembelajaran interaktif, sekolah dasar, pengajaran

Abstrak

Pembelajaran Interaktif merupakan sebuah terobosan dalam dunia pendidikan sebagai salah satu dalam meningkatkan minat belajar serta angka pendidikan yang berada dalam suatu wilayah pendidikan baik sekolah ataupun lembaga pengajaran lainya. Hasil daripada aktualisasi pendidikan masih dikatakan rendah pada daerah daerah pinggiran yang membutuhkan solusi serta sistem yang pendidikan yang lebih atraktif bukan kepada model pengembangan masif yang banyak dilakukan didaerah perkotaan. Maka pengembangan kurikulum serta penyampaian harus ditingkatkan tenaga pengajar sebagai salah satu meningkatkan angka pendidikan yang sesuai bagi anak sekolah dasar. Dalam penelitian yang dilakukan pada siswa sekolah dasar negeri 02 Cipatik menunjukan hasil yang cukup memuaskan dari beberapa upaya pembelajaran interaktif serta berfokus terhadap penyesuaian. Tujuan daripada kegiatan ini menyeimbangkan antara minat siswa tentang mata pelajaran yang diberikan didalam kelas. Metode kegiatan yang dilakukan adalah : (1) Metode pembelajaran interaktif baik didalam kelas maupun pembelajaran diluar kelas; (2) Metode Praktik melalui serangkaian kegiatan perlombaan serta permainan asah fokus siswa dalam setiap kegiatan pengajaran didalam kelas: (3) Metode pendampingan, penugasan serta kerja sama kelompok. Hasil daripada kegiatan pengabdian ini adalah minat belajar serta semangat siswa dalam belajar mengalami kemajuan dalam memahami materi maupun mengikuti serangkaian pengembangan pelajaran didalam ataupun luar kelas pada siswa Sekolah Dasar Negeri 02 Cipatik.

Referensi

Ardiani, K. E. (2022). Multimedia Pembelajaran Interaktif Berorientasi Teori Belajar pada Muatan IPA Materi Sumber Energi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45159

Faris, R. (2022). Kajian Teori: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Articulate Storyline 3 pada Model Preprospec Berbantuan TIK untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Prisma, 5, 304–310.

Hisbiyatul Sumiharsono. (2018). Media Pembelajaran. Pustaka Abadi.

Mitrawalida. (2018). Penerapan Stategi Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XI SMA 1 Sendana. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sumiyati, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajran Interaktif Berbasis Aktivitas. Jurnal PGSD, 10(2), 66–72.

Yazdi, M. (2012). E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Faristek, 2(1), 143.

Dewi, A. T. Y. R., & Negara, 1. G. A. O. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran (SAVI) Berbantuan

Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 40-49. https://doi.org/10.23887/jpgsd.v811.24577.

Dwi, L. K., Ardana, C., Agung, A. Agung, G., & Simamora, H. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar

Siswa Melalui Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 104-

https://doi.org/10.23887/jeu.v911.32523.

Darnawati, D., Jamiludin. J., Batia. L., Irawaty, I., & Salim, S. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline. Amal Ilmiah:

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11), 8-16.

Jubaerudin, J. M., Supratman, S., & Santika, S. (2021), Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android

Berbantuan Articulate Storyline 3 Pada Pembelajaran Matematika di Masa Pendemi, JARME: Journal

of Authentic Research on Mathematics Education, 3(2), 178-189.

Satriawan, A., Sutiarso, S., & Rosidin, U. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif

Terintegrasi Soft Skills dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Cendekia:

Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 950-963.

Harlen, (1992), Model Pembelajaran Interaktif. London: Kogon Page.

Suciati.(2007). Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: 3. Membimbing siswa berdiskusi Universitas Terbuka.

Usman (1999), Penerapan Model Pembelajaran Interaktif. Bandung: Pustaka Martina

Geni, K. II. Y. W., Sudarma, L. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undikshu, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v812.28919.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

zuama, agam, Fauzi, F. F., & Hasanah, F. W. J. (2024). 39 Strategi Sistem Pembelajaran Interaktif dalam Upaya Peningkatan Sistem Pendidikan Siswa Sekolah Dasar Negeri 02 Cipatik. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(3), 426–436. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2123