39 Strategi Sistem Pembelajaran Interaktif dalam Upaya Peningkatan Sistem Pendidikan Siswa Sekolah Dasar Negeri 02 Cipatik
Kata Kunci:
pembelajaran interaktif, sekolah dasar, pengajaranAbstrak
Pembelajaran Interaktif merupakan sebuah terobosan dalam dunia pendidikan sebagai salah satu dalam meningkatkan minat belajar serta angka pendidikan yang berada dalam suatu wilayah pendidikan baik sekolah ataupun lembaga pengajaran lainya. Hasil daripada aktualisasi pendidikan masih dikatakan rendah pada daerah daerah pinggiran yang membutuhkan solusi serta sistem yang pendidikan yang lebih atraktif bukan kepada model pengembangan masif yang banyak dilakukan didaerah perkotaan. Maka pengembangan kurikulum serta penyampaian harus ditingkatkan tenaga pengajar sebagai salah satu meningkatkan angka pendidikan yang sesuai bagi anak sekolah dasar. Dalam penelitian yang dilakukan pada siswa sekolah dasar negeri 02 Cipatik menunjukan hasil yang cukup memuaskan dari beberapa upaya pembelajaran interaktif serta berfokus terhadap penyesuaian. Tujuan daripada kegiatan ini menyeimbangkan antara minat siswa tentang mata pelajaran yang diberikan didalam kelas. Metode kegiatan yang dilakukan adalah : (1) Metode pembelajaran interaktif baik didalam kelas maupun pembelajaran diluar kelas; (2) Metode Praktik melalui serangkaian kegiatan perlombaan serta permainan asah fokus siswa dalam setiap kegiatan pengajaran didalam kelas: (3) Metode pendampingan, penugasan serta kerja sama kelompok. Hasil daripada kegiatan pengabdian ini adalah minat belajar serta semangat siswa dalam belajar mengalami kemajuan dalam memahami materi maupun mengikuti serangkaian pengembangan pelajaran didalam ataupun luar kelas pada siswa Sekolah Dasar Negeri 02 Cipatik.
Referensi
Ardiani, K. E. (2022). Multimedia Pembelajaran Interaktif Berorientasi Teori Belajar pada Muatan IPA Materi Sumber Energi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45159
Faris, R. (2022). Kajian Teori: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Articulate Storyline 3 pada Model Preprospec Berbantuan TIK untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Prisma, 5, 304–310.
Hisbiyatul Sumiharsono. (2018). Media Pembelajaran. Pustaka Abadi.
Mitrawalida. (2018). Penerapan Stategi Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XI SMA 1 Sendana. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Sumiyati, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajran Interaktif Berbasis Aktivitas. Jurnal PGSD, 10(2), 66–72.
Yazdi, M. (2012). E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Faristek, 2(1), 143.
Dewi, A. T. Y. R., & Negara, 1. G. A. O. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran (SAVI) Berbantuan
Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 40-49. https://doi.org/10.23887/jpgsd.v811.24577.
Dwi, L. K., Ardana, C., Agung, A. Agung, G., & Simamora, H. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar
Siswa Melalui Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 104-
https://doi.org/10.23887/jeu.v911.32523.
Darnawati, D., Jamiludin. J., Batia. L., Irawaty, I., & Salim, S. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui
Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline. Amal Ilmiah:
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11), 8-16.
Jubaerudin, J. M., Supratman, S., & Santika, S. (2021), Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android
Berbantuan Articulate Storyline 3 Pada Pembelajaran Matematika di Masa Pendemi, JARME: Journal
of Authentic Research on Mathematics Education, 3(2), 178-189.
Satriawan, A., Sutiarso, S., & Rosidin, U. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif
Terintegrasi Soft Skills dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Cendekia:
Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 950-963.
Harlen, (1992), Model Pembelajaran Interaktif. London: Kogon Page.
Suciati.(2007). Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: 3. Membimbing siswa berdiskusi Universitas Terbuka.
Usman (1999), Penerapan Model Pembelajaran Interaktif. Bandung: Pustaka Martina
Geni, K. II. Y. W., Sudarma, L. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undikshu, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v812.28919.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 agam zuama, Fikri Fajar Fauzi, Fuji Widi Jannatun Hasanah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.