Optimalisasi Proses Pembelajaran Di MI Al- Jamila Kampung Pelag Desa Sukalilah
Kata Kunci:
Pandemi, Sektor Pendidikan, Pengabdian (KKN)Abstrak
untuk menekan penyebaran covid 19, seperti physical distancing (jaga jarak), mini lock down, PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), hingga sekarang diterapkan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Pemberlakukan kebijakan PPKM mengakibatkan kegiatan khususnya pada kegiatan pembelajaran terganggu, seperti proses pembelajaran di MI Al-Jamila di Kampung Pelag Desa Sukalilah. Siswa merasakan pembahasan materi sangat tertinggal, hal ini disebabkan oleh kurangnya tenaga pengajar. Kegiatan pengabdian ini, dilakukan untuk membantu kebutuhan masyarakat di bidang pendidikan. Hasil pengabdian ini mampu memberikan dampak adanya proses optimalisasi pada sektor pendidikan yang ada di Kampung Pelag Desa Sukalilah dalam upaya transformasi pengetahuan di MI Al-Jamila. Mengingat yang terjadi dilapangan sangat ironi dan tentunya ini menjadikan semangat kepada mahasiswa yang melakukan pengabdian (KKN) guna melakukan proses optimalisasi proses pembelajaran yang ada di MI Al-Jamila Kampung Pelag Desa Sukalilah dan dibantu juga oleh pihak -pihak yang berwenang di daerah tersebut.
Referensi
Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan,( Jakarta: Rineka Cipta: 1991), hlm. 69
Depdiknas Jendral Direktorat Pendidika Dasar, Lanjutan Pertama Dan Menengah, Pedoman Khusus
Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi Sekolah Menengah Pertama,(Jakarta : 2004),hlm.18
Ghullam Hamdu, Lisa Agustina.(2011). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PESTASI BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR, Vol. 12 No. 1. http://jurnal.upi.edu/file/8-Ghullam_Hamdu1.pdf
Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r & d). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Syifaul Adhimah. (2020). Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini (studi kasus di desa karangbong rt. 06 rw. 02 Gedangan-Sidoarjo), Volume 9 (1), 2020, 57-62. file:///C:/Users/hp/Downloads/31618-84870-1-PB.pdf
Tirta Rahardja dan La Sulo, Pengantar Pendidikan, (Jakarta: DEPDIKBUD, 1994), Hal 37 Muhammad Anwar H. M. (2018) Inovasi Sistem Pendidikan. VII(2). Hal 161
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal 1
Yuberti. (2014) Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA) Hal 35-40
Yuliani, M. (2019). Ketimpangan Pendidikan di Era Globalisasi. https://doi.org/10.31227/osf.io/xnw4e
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Regina Widi Agung
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.