Pemanfaatan Media Interaktif Website Wordwall dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media interaktif wordwall terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas V MI Darussyifa Al-Musri’ 1 dalam kegiatan pembelajaran Tematik. Penelitian ini berfokus pada penggunaan media wordwall yang diharapkan dapat membuat pembelajaran di kelas Tematik menjadi lebih berwarna dan tidak monoton. Hal ini didasarkan pada hasil observasi di kelas di mana siswa cenderung terlihat bosan dan tidak bersemangat ketika guru sedang menjelaskan materi di depan kelas dan/atau ketika siswa diminta untuk mencatat ulang materi di papan tulis dalam pembelajaran Tematik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode observasi di mana data-data yang terkumpul dari hasil observasi akan diuraikan melalui kata-kata secara rinci dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media interaktif wordwall berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan semangat dan motivasi belajar siswa kelas V MI Darussyifa Al-Musri’ 1 dalam pembelajaran Tematik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa indikator, diantaranya: (a) siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, (b) siswa menjadi lebih aktif dalam menjawab pertanyaan dan soal, serta (c) siswa menjadi lebih aktif dalam bertanya terhadap materi yang belum dipahami.
References
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Perkasa.
Cunningham. (2000). Phonics they use (3rd ed.). NY: Longman.
Ganz. (2009). Word morphology as a strategy for vocabulary instruction. Ohio: Reading Teacher, 39(1), 3–9.
Harmon et al. (2009). Interactive word walls: More than just reading the writing on the walls. Journal of Adolescent & Adult Literacy, 52(5), 398–408.
Maghfiroh, K. (2018). Penggunaan Media Word Wall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jurnal Profesi Keguruan, 4(1), 65.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Revisi). PT remaja rosdakarya.
Nuba, K. (2021). PENGARUH PERTUMBUHAN PENDUDUK DI DESA BAKALEREK TERHADAP JUMLAH SISWA SDN BAKALEREK MELALUI METODE PENGAMATAN LANGSUNG. Mitra Pendidikan, 5(9), 641–652.
Putri, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika Pada Materi Bilangan Cacah. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1(1), 145–165.
Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Shofiya Zahra Adni, Dinda Fadila, Muhibudin Wijaya Laksana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

