Fun Education pada Proses Belajar Mengajar di MIS Muslimin Cimalik Desa Karanganyar
Kata Kunci:
Pendidikan, pendidikan, Belajar Mengajar, belajar mengajarAbstrak
Pendidikan merupakan hal terpenting dalam membantu generasi-generasi baru mengetahui segala sesuatu. Menyadari pentingnya pendidikan bagi kehidupan bermasyarakat dalam meningkatkan wawasan dan pemahaman masyarakat melalui legalitas lembaga pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan di Kampung madrasah ibtidaiyah swasta (MIS) Cimalik RT 04 RW 03 Desa Karanganyar Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini menggunakan metode atau pendekatan pengabdian kepada masyarakat yang dicapai dengan menerapkan langkah-langkah pengabdian berbasis pemberdayaan masyarakat. Hasil menunjukkan proses pendampingan belajar mengajar di MIS Cimalik terdapat beberapa tolak ukur seperti pengorganisasian materi yang baik, komunikasi yang efektif, penguasaan materi pelajaran, sikap positif terhadap siswa, penilaian yang adil, keluwesan dalam pendekatan pembelajaran, dan hasil belajar yang baik. Pendekatan pembelajaran yang efektif adalah yang mampu memberikan pemahaman, kecerdasan, ketekunan, dan kesempatan bagi siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan dalam kehidupan mereka.
Referensi
Karim, Hamdi Abdul. "Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah." Elementary: /Jurnal lilmiah Pendidikan Dasar 2.2 (2017): 45-56.
Bistari Basuni Yusuf. Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan. 1(2). (2018): 15.
Fakhrurrazi. Hakikat Pembelajaran yang Efektif. Jurnal At-Tafkir. 11(1). (2018): 87
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Muhammad Ibnu Firdaus, Uli Laili Jamil, Wulan Nurzakia, Erlan Aditya
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.