Pemerataan Pengajaran Membaca Pada Anak Di Kampung Sekehonje Desa Girimekar
Abstrak
Artikel ini dilatar belakangi oleh covid-19 yang sangat mempengaruhi kegiatan pendidikan, mulai dari pergeseran metode pendidikan hingga kemampuan siswa yang dididik, sehingga baik pendidik dan yang dididik harus saling beradaptasi di era pandemi ini. Tidak banyak juga kemampuan siswa turun semenjak pembelajaran di era pandemi ini, terutama bagi anak anak yang baru memasuki sekolah dasar dan harus memiliki kemampuan dasar, yaitu membaca, menulis, dan berhitung. Sehingga dalam artikel ini akan menjawab dua masalah pokok, diantaranya metode pengajaran membaca pada anak anak dan kemampuan membaca pada anak anak Teori yang digunakan dalam artikel ini adalah teori membaca suku kata dengan menggunakan literature review dan beberapa data sekunder yang mendukung artikel ini seperti buku dan browsing internet. Hasil dari artikel ini merupakan salahsatu cara terbaik adalah membantu secara langsung bagi anak-anak yang kesulitan dalam pembelajaran membaca di era pandemi gara anak-anak bisa beradaptasi di pendidikan formal dengan baik yang menjadi program kerja di KKN-DR.
Referensi
Jazuli, dkk, Abacaga Cara Praktis Belajar Membaca untuk Anak, Jakarta: Kawan Pustaka.
Rachim, Farida, Pengajaran Membaca Sekolah Dasar, Padang: Bumi Aksara, 2005.
Safari, M.A. Pengujian dan Penilaian Bahasa dan Sastra Indonesia Jakarta: CV Roda Pengetahuan, 2002.
Tarigan, Henry Guntur Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa Bandung: Angkasa, 2008
Abidin, Yunus. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakater. Bandung: Refika Aditama, 2012.
Akhadiah, S. Pembinaan Kemampuan Menulis. Jakarta: Erlangga, 1999.
Hernowo. Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual. Bandung: MLC, 2005.
Kemendikbud. Pembelajaran Membaca dan Menulis di Kelas Rendah (Modul Bahasa Indonesia 5). Jakarta: BPSDMPK dan PMP, 2012. Mulyati, Yeti. “Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan”. Bandung:UPI diakses 16 Januari 2014
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Dhiya'un Nabila Hasya
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.