Optimalisasi Pengembangan Potensi Anak melalui Pelaksanaan Mekarmaju Islamic Fair (MIF) di Desa Mekarmaju

Penulis

  • Chindy Tri Amelia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Annisa Rohmatul Hasanah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Putri Maulida Agustin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Mekarmaju, Pengabdian, KKN, Program Masyarakat

Abstrak

Permasalahan yang terlihat di desa mekar maju yaitu melihat dari potensi anak khususnya pada madrasah diniyah takmiliyah. Terlihat bahwa mereka sulit mengembangkan potensi dalam hal keagamaan padahal dari hasil yang diteliti banyak siswa yang memang memiliki potensi dalam masalah keagamaan contohnya seperti mampu menjadi dai cilik atau percaya diri menjadi pendakwah kemudian ada juga yang memiliki suara indah saat melantunkan ayat suci alquran akan tetapi mereka tidak mengembangkan lebih jauh dan guru guru disana pun bingung. Bagaimana cara agar potensi yang dimiliki anak dapat berkembang. Oleh karena itu salah satu tujuan dilakukannya pengabdian di desa mekar maju, selain untuk mengetahui bagaimana hidup di masyarakat tetapi juga ingin melihat dan mengembangkan potensi anak seperti pada judul melalui lomba lomba keagamaan. Metode yang kami gunakan yaitu dengan metode observasi. Kemudian kami melakukan wawancara begitu pun dengan masyarakat di desa mekar maju karena untuk mendapatkan data yang lebih banyak dan untuk membandingkan dengan hasil observasi yang kami lakukan.

Referensi

Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. 5(1), 28–45.

Nurhasanah. (2017). Analisis Layanan Bimbingan Dan Konseling Tentang Potensi Diri Pada Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 6 Pontianak. Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(12), 1–9. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/5160

Pahleviannur, M. R., Grave, A. De, Sinthania, D., Hafrida, L., Bano, V. O., & Saputra, D. N. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Pradina Pustaka.

Wibowo, Y. A., Jordan, E., Elkasinky, A., Suryana, D. D., Putri, S. N., Puspitaningrum, H., Rahmawati, D., Lestari, D. D., Oktavia, E., & Kinthen, N. (2020). Pengembangan Bakat dan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di MI Muhammadiyah Sabrang Lor, Trucuk, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i1.10939

Puspaningrum , Y., Siti Aminatuz., Sulton,M., Baharrudin,M., (2021). Upaya Peningkatan Kreativitas dan Karakter Anak Islami Melalui Lomba Kreasi Santri di TPQ Al Muttaqin Desa Kayen. Jurnal Pengabdian Masyarakat.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Amelia, C. T. ., Hasanah, A. R. ., & Agustin, P. M. . (2024). Optimalisasi Pengembangan Potensi Anak melalui Pelaksanaan Mekarmaju Islamic Fair (MIF) di Desa Mekarmaju. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(6), 223–236. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1978