Memahami Proses Pembelajaran Anak Kelas 3-4 Yang Masih Mengalami Hambatan dalam Membaca dan Menulis Di SD Negeri Gandamekar
Kata Kunci:
Pembelajaran, Hambatan, Membaca, MenulisAbstrak
Penelitian ini membahas kesulitan membaca dan menulis pada siswa kelas tiga dan empat di SD Negeri Gandamekar, Desa Cintakarya, Kabupaten Bandung Barat. Hasil observasi menunjukkan sejumlah siswa mengalami kendala dalam mengenali huruf, memahami bunyi huruf, dan menghubungkannya dengan kata-kata. Kurangnya latihan, pemahaman kata yang rendah, serta kurangnya dukungan lingkungan belajar juga mempengaruhi kemampuan mereka. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian mengembangkan program intervensi yang melibatkan metode pembelajaran berbasis suara, aktivitas interaktif, visualisasi, kegiatan kreatif, dan kerjasama dengan orang tua. Evaluasi program menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca dan menulis siswa. Penelitian ini menekankan pentingnya identifikasi dini dan dukungan dari guru, orang tua, dan lingkungan belajar untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Anisa Pebriyanti, Fairus Nur Adawiyah, Kamila Auni Azzahra, Lahuri Gofarana Rohman, Muhammad Ibadurrohman Alghifari, Rin Rin Nurmalasari
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.