Pengenalan Manajemen Menabung di Sekolah Dalam Upaya Membentuk Kepribadian Anak Kelas V MI Darussyifa Al-Musri’ 1

Penulis

  • Muhamad Rizki UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aditya Tegar UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mughni Kautsar UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhibudin Wijaya Laksana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Manajemen Menabung, Kepribadian anak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan tabungan di sekolah sebagai upaya untuk membentuk kepribadian anak-anak. Beberapa studi telah dilakukan untuk menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa dalam menabung di sekolah. Studi-studi tersebut menemukan bahwa motivasi dan lingkungan keluarga adalah faktor-faktor signifikan yang mempengaruhi minat siswa dalam menabung. Selain itu, memperkenalkan literasi keuangan dan ekonomi Islam kepada siswa dapat meningkatkan pengetahuan dan minat mereka dalam menabung. Sekolah dapat memainkan peran yang signifikan dalam mempromosikan kebiasaan menabung di kalangan siswa dengan memberikan pendidikan tentang literasi keuangan dan menawarkan program-program tabungan, seperti Simpanan Pelajar. Dengan memperkenalkan tabungan di sekolah, anak-anak dapat belajar tentang pentingnya menabung dan mengembangkan kebiasaan keuangan yang baik yang akan memberikan manfaat bagi mereka di masa depan. Metode pendekatan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya menabung dan dampak positif dari menabung pada anak-anak kelas V MI Darussyifa Al-Musri’ 1. Hasil dari kegiatan ini adalah tertanamnya kebiasaan dan sifat hemat serta menghargai uang yang berdampak positif untuk masa yang akan datang.

Referensi

ardiana, M. (2016). Kontrol Diri, Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga, Pengetahuan Inklusi Keuangan Siswa Pengaruhnya Terhadap Perilaku Menabung Siswa Smk Se Kota Kediri Meta. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 4(1), 59–75. Jamalul Laili, A. M. (2015). Program sentono menabung. Jurnal Inovasi Dan Keuangan, 4(1), 2013–2016.

Henny Dkk.(2019).Tingkatkan Kesadaran Siswa Melalui Budaya Menabung Sejak Dini Di Desa Sidourip Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 2019, hal 194-199.

Jamalul Laili, A. M. (2015). Program sentono menabung. Jurnal Inovasi Dan Keuangan, 4(1), 2013-2016.

Pulungan, D. R. (2017). Literasi Keuangan Dan Dampaknya Terhadap Perilaku Keuangan Masyarakat Kota Medan. EKONOMIKAWAN: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 17(1), 56-61. https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v17i1.1180

Rapih,S.(2016).Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak. Scholaria, 6(2), 14–28.

https://anakpintarsddansmp.blogspot.com/2016/02/membudayakan-menabung-sejak-dini.html

https://biz.kompas.com/read/2016/07/18/115441828/pentingnya.membiasakan.menabung .sejak.dini

Syatriadi,Tommy.2013.PengertianMenabung. http://tommysyatriadi.blogspot.co.id/2013/04/pengertian-menabung.html

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Rizki, M. ., Tegar, A. ., Kautsar, M. ., & Laksana, M. W. (2024). Pengenalan Manajemen Menabung di Sekolah Dalam Upaya Membentuk Kepribadian Anak Kelas V MI Darussyifa Al-Musri’ 1. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(6), 355–363. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1931