Kegiatan Bimbingan Belajar Menggunakan Metode Ceramah Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Menghadapi Covid-19

Penulis

  • Ariesta Masturina UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Lastari Melani Hapipih UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rini Maulid UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tazkia Uzma UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Esty Puri Utami UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Metode Ceramah, Bimbingan Belajar

Abstrak

Metode ceramah adalah bentuk penyajian bahan pembelajaran melalui penuturan secara lisan oleh guru di depan siswa dan dimuka kelas. Bimbingan belajar ialah hal yang sangat penting dalam rangka membantu siswa agar mampu melakukan penyesuaian diri dengan tuntutan akademis, sosial, dan dunia kerja. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan minat siswa dalam proses belajar dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Masalah-masalah belajar sering kali membawa ketimpangan sosio-psikologis pada diri siswa. Masalah yang terjadi di SDN 03 Curug adalah kurang efektifnya metode pembelajaran dalam proses belajar mengajar yang mengakibatkan siswa kurang mampu dalam memahami dan menguasai materi membaca, menulis dan menghitung yang telah diberikan. Metode ceramah menjadi alternatif dalam menyelesaikan masalah yang terjadi. Hasil dari metode ceramah membuktikan bahwa metode ini cukup efektif dalam proses belajar mengajar di SDN 03 Curug yang bertepatan di Kp. Barangbang, Desa Wirajaya, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Referensi

Damarjati Haris. 2020. Analisis Peran Pengabdian Bimbingan Belajar Gratis Dalam Membantu Aktifitas Belajar Mandiri Anak Dimasa PSBB. Artikel KKN BMC UNNES.

Eriany Praharesti. 2014. Studi Deskriptif Mengenai Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Mengikuti Kegiatan Bimbingan Belajar Pada Siswa SMP di Semarang. Psikodimensia Vol 13.

Anas Muhammad, 2016. Alat Peraga & Media Pembelajaran.

Lestari Tri. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Ceramah Plus Dan Metode Drill Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Pada Kompetensi Dasar Efisiensi. Vol 7.

Nurhayati Sulasih, 2021. Peningkatan Keterampilan Pembelajaran Daring Untuk Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 5

Supriyono. 2018. Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Vol 2.

Wirabumi Ridwan. 2020. Metode Pembelajaran Ceramah. Vol 1

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-05

Cara Mengutip

Masturina, A., Hapipih, L. M., Maulid, R., Uzma , T., & Utami, E. P. (2021). Kegiatan Bimbingan Belajar Menggunakan Metode Ceramah Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Menghadapi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(7), 62–70. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/190

Terbitan

Bagian

Articles