IMPLEMENTASI TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI MELALUI PENGABDIAN PARTISIPATIF

Penulis

  • Panji Novianto UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Eneng Nuraeni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

pengabdian, implementasi, literasi, lingkungan, kepedulian

Abstrak

Tridarma perguruan tinggi mempunyai 3 poin yaitu : pendidikan dan pengajaran, penelitan dan pengembangan, dan pengabdian masyarakat. Dalam prosesi KKN DR Sisdamas ini adalah sebuah bukti nyata dari tridarma perguruan tinggi yaitu bentuk nyata dari pengabdian kepada masyarakat, dalam pengabdian kepada masyarakat KKN DR Sisdamas ini berfokus pada sistem pemberdayaan masyarakat yang dikerucutkan pada aspek minat belajar, literasi pada anak, dan kesadaran warga desa terhadap lingkungan. Metode penelitian mengadopsi siklus-siklus KKN yang diajukan oleh Ahmad, dkk. Data penelitian diperoleh melalui observasi terhadap salah satu tempat : kelompok bermain Al-Amanah, pojok literasi, dan juga hutan desa yang terletak di desa cikurutug. Hasil kajian observasi dan juga tinjauan keseharian menunjukkan bahwa melalui bantuan peserta KKN DR Sisdamas berupa pendekatan secara persuasif, sosialisasi, pembimbingan dan pembelajaran mengenai materi keagamaan, umum, juga pembelajaran tentang literasi, dan mengedukasi tentang kepedulian lingkungan dengan cara melakukan penanaman pohon, akan mampu meningkatkan minat dan rasa semangat dan giat untuk anak-anak kampung cikurutug menjadi masyarakat yang solid dan cermat untuk masa kini dan nanti. Keberhasilan pengabdian ini di tinjau dari antusiasme warga terhadap kegiatan KKN DR Sisdamas kelompok 332 yang dilakukan di desa cikurutug.

Referensi

Abidin, Yunus (2017), Pembelajaran Literasi, Bumi Aksara : Jakarta

Ardial, (2015). Paradigma dan model Penelitian Komunikasi. Bumi Aksara : Jakarta

Isbandi Rukminto Adi, Pemikiran-pemikiran Dalam Pembangunan Kesejahteraan Sosial, (Jakarta: Lembaga Penerbit FE-UI, 2002), hal 171

BARONA, C. S., & HARYANI, H. (2018). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENCEGAH TANAH LONGSOR DI DESA CEKAL BARU KECAMATAN TIMANG GAJAH KABUPATEN BENER MERIAH. JURNAL SAINS EKONOMI DAN EDUKASI , 6 (2), 1- 4.

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Reaserch dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal , 6 (1), 62-71.

Zainuri, A. (2020). Peran Pemuda dalam Melestarikan Alam di Desa Sukodono Dampit Malang. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Baiq Roni Indira Astriya, Sodiq Azis Kuntoro( 2015). Pengembangan kreativitas dan minat belajar anak usia 3-4 tahun melalui permainan konstruktif

Devi Setyarini (2019), METODE PEMBELAJARAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ANAK DIDIK SEKOLAH DASAR

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-02

Cara Mengutip

Novianto, P., & Nuraeni, E. (2021). IMPLEMENTASI TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI MELALUI PENGABDIAN PARTISIPATIF. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(8), 72–82. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/164

Terbitan

Bagian

Articles