Penerapan Metode Fun Ashwat Dalam Meningkatkan Kualitas Ashwat Berbahasa Arab Pada Anak Usia Dini
Kata Kunci:
Ashwat, Bahasa Arab, PengabdianAbstrak
Salah satu pembelajaran yang telah diajarkan sejak usia dini adalah tentang membaca Al-Qur’an yang dimulai dengan adanya pengenalan huruf-huruf hijaiyah. Problematika yang dialami dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an ini terjadi dalam pengucapan huruf-huruf hijaiyah yang juga dapat berpengaruh dalam pengucapan kosakata bahasa Arab. Ashwat merupakan salah satu aspek penting dalam berbahasa Arab. Permasalahan yang terjadi di DTA At-Taufiq tentang rendahnya kualitas ashwat anak dalam berbahasa Arab menjadi perhatian penulis dalam kegiatan pengabdian ini sehingga berinovasi untuk menerapkan metode fun ashwat yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas ashwat berbahasa Arab anak-anak di DTA At-Taufiq. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah berbasis pemberdayaan masyarakat dan menggunakan metode kuantitatif untuk menganalisis data dengan pre test dan post test sebagai teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil analisis data terhadap 24 anak dengan menggunakan Uji-T berpasangan (paired), ditemukan hasil yang signifikan, yaitu nilai thitung(-14,87) tidak berada diantara –ttabel(1,68) dan t tabel(-1,68). Maka ditolak. Artinya dengan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar ashwat berbahasa Arab sebelum dan sesudah penerapan metode fun ashwat. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penerapan metode fun ashwat dalam pembelajaran bahasa Arab, dapat diketahui bahwa kualitas ashwat anak dalam berbahasa Arab mengalami peningkatan.
Referensi
Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Hamzah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Mazidatul. 2020. ‘Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Santri TPQ Al-Mustaqim dengan Bimbingan Fashohatul Lisan’. Jurnal Pengabdian Masyarakat (1).
Putri. 2021. ‘Dampak Pembelajaran dalam Jaringan terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini’.Jurnal Pendidikan(5).
Ridwan, Fajar, Awaluddin. 2019. ‘Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat dalam Pembelajaran Bahasa Arab di RA’. Jurnal Didaktika(13).
Riduwan. 2016. ‘Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Perguruan Tinggi’. EKUITAS:Jurnal Ekonomi dan Keuangan(2).
Trianingsih. 2016. ‘Pengantar Praktek Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar’. Jurnal Al-Ibtida (3).
Yoni. 2020. ‘Pengaruh Lingkungan Keluarga, Lingkungan Masyarakat Terhadap Prestasi Belajar’. Jurnal Edukasi(8).