Living Qur’an Dengan Program Qur’an In Everyday Life Ditengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di TPQ Atsarul Waqifin Desa Sindanglaya)

Penulis

  • Ayu Musalamah Fajrin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Babay Suhaemi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Al-Qur’an, Pandemi, Pengaplikasian

Abstrak

Pandemi Covid-19 mampu merubah seluruh bidang kegiatan manusia. Termasuk dalam bidang pendidikan turut terdampak pandemi Covid-19. Baik penddikan formal maupun nonformal seperti Taman Pembelajaran Qur’an (TPQ). Sistem belajar jarak kauh dirasa kurang efektif dalam proses belajar dan mengajar mengaji Al-Qur’an karena kebanyakan orang tua tidak siap untuk memberi pengajaran agama.  Oleh sebab itu orang tua memilih mengambil risiko tetap melaksanakan pembelajaran tatap muka di TPQ. Tentunya hal ini menjadi suatu hal yang krusial. Dalam hal ini TPQ sebagai tempat pembelajaran Al-Qur’an harus mampu menjawab tantangan zaman. Dalam Al-Qur’an memuat lengkap pedoman hidup manusia termasuk persoalan kebersihan yang saat ini menjadi faktor utama yang dikedepankan dari bidang yang lain. Permasalahan diatas bisa dipecahkan dengan metode Qur’an in Everyday Life atau pengaplikasian nilai-nilai Al-Quran yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an dapat menjawab permasalahan akibat pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawawancara mendalam (indepth interview) dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode Analisis Fenomenologis Interpretative (AFI). Dapat disimpulkan bahwa Al-Quran mampu menjadi solusi bagi permasalahan yang ada kandungan didalamnya memuat kebutuhan masyarakat saat ini sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dinamakan Program Qur’an in Everyday Life. 

Referensi

Al-Qur'an, L. P., & Departemen Agama RI. (2009). Al-Qur'an Tiga Bahasa. Depok: Al-Huda Kelompok GEMA INSANI.

Choironi, M. N. (2017). Ini Pengertian Wudhu Secara Syar'i dan Harfiah. nuonline.

Hasanah, N., & Hamdan, A. M. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) . Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat , 71-72.

Inah, E. N. (2013). Peranan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Ta'dib, 176.

Juliana, V. A., Kurnia, D., Lukitasari, L., & Idar, I. (2019). Membangun Kesadaran Anak dalam Program Sehat Berawal Dari Cuci Tangan. Dismas, 63.

Mushaf Al-Qur'an, L. P., & Departemen Agama RI. (2009). Al-Qur'an tiga bahasa . Depok: Al-Huda kelompok Gema Insani.

Pagarwati, L. D., & Rohman, A. (2021). Grandparenting Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 . Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1230.

Rahmanto, O. D., & Charismanto, C. (2021). Analisis Teologi Kesehatan Tentang Pandemi. MASHDAR , 179.

Yasmin, P. (2021). Pengertian Thaharah dalam Islam dan Macam-macamnya. detikedu

Diterbitkan

2021-12-01

Cara Mengutip

Fajrin, A. M. ., & Suhaemi, B. . (2021). Living Qur’an Dengan Program Qur’an In Everyday Life Ditengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di TPQ Atsarul Waqifin Desa Sindanglaya). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(18), 36–52. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/148

Terbitan

Bagian

Articles