Kkn Sisdamas: Maksimalisasi Pemberdayaan Masyarakat dan Merdeka Belajar dalam Unit Pendidikan di Desa Cimuncang

Penulis

  • Anggi Agum Gumelar UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fizay Muhamad Faozan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • M. Ardi Nugraha UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tia Amelia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yusri Apipah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ade Iwan Ridwanullah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

KKN sisdamas, Masyarakat, Maksimalisasi

Abstrak

Masyarakat yang tinggal di perkampungan seringkali sulit mendapatkan akses ataupun perhatian akan kebutuhan pengembangan baik sosial, alam, ataupun pendidikan. Seperti halnya di Dusun Gunung Anteun Desa Cimuncang Kecamatan Malausma Kabupaten Majalengka terdapat permalasahan dan potensi yang belum diperdayakan. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memaksimalkan potensi masyarakat dan lingkungan demi terwujudnya program-program yang berkelanjutan. Metode yang digunakan adalah mengadopsi dari siklus-siklus KKN Sisdamas yang tercantum dalam petunjuk teknis pelaksanaannya. Adapun hasil dari kegiatan pemberdayaan bersama masyarakat ini antara lain: Pertama, pengembangan potensi wisata Situ Cekdam dengan penanaman pohon bibit. Kedua, pengadaan penyuluhan Bank Sampah untuk masyarakat. Ketiga, pendampingan merdeka belajar untuk para pelajar di tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah.

Referensi

Hendrawati hamid.2018.Manajemen Pemberdayaan Masyarakat.Makasar:De La Macca.

Masitah,itah. “Pengembangan Desa Wisata Oleh Pemerintah Desa Babakan Kecamatan Pangandaran Kabupaten Panagandaran”. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara.Volume 6 Nomor 3 ,(2019) : 50.

Praptono.2020. “Penguatan Pendidikan Karakter Pada Era Merdeka Belajar”. Prosiding Seminar Nasional 2020. Surabaya.

Sunaryo, Bambang. 2013. Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata: Konsep dan aplikasinya di Indonesia, Yogyakarta: Gava Media.

I Dewa Putu Eskasasnanda. 2013. Mengelola Sampah, Mengelola Hati. Sejarah dan Budaya. Malang. https://dlh.karanganyarkab.go.id

Wahyuningsih, D., Harlita, & Joko Ariyanto.(2011).Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Mind Maps Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Karanganyar. Pendidikan Biologi, 3(2), 1-8.https://jurnal.uns.ac.id/bio/article/view/5470.

Sururie, Ramdani Wahyu, Rohmanur Aziz, Fridayanti, Yadi Mardiyansyah, Wisnu Uriawan, and Zulqiah. 2016. Paradigma dan Siklus KKN Sisdamas. Bandung: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Sunan Gunung Djati.

Pungky Eka Setyawan. 2016. Penyuluhan Tentang Pengelolaan Sampah dan Pembuatan Tempat Sampah Unik dari Pipa PVC untuk Masyarakat Desa Srigading Kecamatan Lawang. Malang: Jurnal ABDIMAS Unmer Malang.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-05

Cara Mengutip

Gumelar, A. A. ., Faozan, F. M. ., Nugraha, M. A. ., Amelia, T. ., Apipah, Y. ., & Ridwanullah, A. I. . (2022). Kkn Sisdamas: Maksimalisasi Pemberdayaan Masyarakat dan Merdeka Belajar dalam Unit Pendidikan di Desa Cimuncang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(54), 31–39. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1462

Terbitan

Bagian

Articles