Pendampingan Belajar Daring pada Anak Sekolah Dasar di Kecamatan Cilawu Selama Masa Pandemi Covid-19
Kata Kunci:
Kegiatan, Sekolah Online, Virus Covid-19Abstrak
Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kehidupan manusia karena mempunyai manfaat dan tujuan yang luar biasa. Di masa pandemi covid-19 pendidikan merupakan salah satu bidang yang terdampak buruk oleh adanya virus covid 19 ini. Masa pandemi Covid-19 ini mengubah proses pendidikan yang semulanya tatap muka menjadi online atau belajar dari rumah. Belajar dari rumah ini banyak kendala yang dihadapi oleh para orang tua siswa terutama siswa SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan. Data yang dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan sekunder. Kegiatan ini dilaksanakan di Kp. Ngamplang rt 01 dan Kp. Munjul rt 02 dan dilaksanakan lima kali dalam seminggu bertempat di halaman mesjid, mushola maupun rumah murid. Kegiatan ini dilakukan untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa dan membantu meringankan permasalahan yang terjadi pada orang tua siswa. Kegiatan ini menemukan hal baru bahwa para siswa selama sekolah online tidak mengikuti kegiatan belajar dengan aktif karena ada beberapa faktor salah satunya adalah pembelajaran yang monoton
Referensi
Education is the most important thing in human life because it has extraordinary benefits and goals. During the COVID-19 pandemic, education is one of the areas that has been badly affected by the Covid-19 virus. The Covid-19 pandemic has changed the educational process from face-to-face to online or learning from home. Learning from home has many obstacles faced by parents, especially elementary school students. This research is a type of field research. The data in this study were sourced from primary and secondary data. This activity was carried out in Kp. Ngamplang rt 01 and Kp. Munjul RT 02 and held five times a week in the courtyard of the mosque, prayer room and students' homes. This activity is carried out to foster student learning motivation and help alleviate problems that occur in parents of students. This activity found something new that students during online school did not actively participate in learning activities because there were several factors, one of which was monotonous learning
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Desri Utami
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.