Pelatihan Desain Grafis Sebagai Media Komunikasi Untuk Meningkatkan Kreativitas Remaja di Tengah Pandemi Covid-19
Kata Kunci:
Komunikasi, Media, Kreativitas, PelatihanAbstrak
Masyarakat tidak bisa terlepas dari proses interikasi, untuk mencapai sebuah kesatuan diperlukan sebuah komunikasi. Dalam berkomunikasi diperlukannya sebuah media agar pesan tersampaikan dengan baik. Desain grafis adalah salah satu dari bentuk media komunikasi visual. Kecanggihan teknologi di tengah pandemi covid bagaikan dua mata pisau. ia dapat berdampak positif ataupun negatif bergantung kepada yang menggunakannya. Keberadaan teknologi ditengah pandemi covid-19 memberikan dampak yang besar bagi kehidupan. salah satu yang terdampak yaitu bidang pendidikan. Berbagai macam problematika dirasakan ditengah pandemi ini, salah satunya menurunnya semangat pelajar dalam menuntut ilmu serta keterbatasan untuk mendapat pendidikan formal secara langsung. Karenanya diperlukan sebuah keterampilan dan kreativitas agar dapat meningkatkan kualitas diri sehingga dapat menghadapi segala tantangan yang ada. Selain itu, teknologi dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas. Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana meningkatkan kreativitas remaja di Desa Laksana yang turut terdampak covid. Untuk itu, maka metode pengabdian ini yaitu memberdayakan remaja di desa laksana melalui sebuah pelatihan yang memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan memberikan materi mengenai desain grafis menggunakan aplikasi Canva. Pelatihan dilaksanakan dengan metode presentasi dan praktik membuat desian poster secara langsung. Melalui pelatihan ini harapannya dapat meningkatkan kreativitas dan pengetahuan peserta guna meningkatkan SDM di Desa Laksana. Hasil pengabdian ini menunjukan bahwa remaja di RW 02 Desa Laksana mampu mengenal desain grafis, serta dapat menggunakan aplikasi canva dan menghasilkan sebuah karya desain poster pencegahan covid-19 dengan 5M.
Referensi
Afghani, D. R., & Sutama. (2020). Kreativitas Pembelajaran Daring untuk Pelajar Sekolah Menengah dalam Pandemi Covid-19. Journal of Informatics and Vocational Education (JOIVE), 3(2).
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Audry, C. L., Putri, M. R., J. Hilmi, Z. M., & Firmadani, F. (2020). Edukasi Pencegahan Covid-19 Melalui Media Sosial. ABDIPRAJA: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1).
Endah, A. (2018). Peningkatan Kreativitas SiswaSekolah Menengah Pertama Dengan Pelatihan Corel Draw. Jurnal Pengabdian DharmaBakti, 1(2).
Gejir, I. N., Gede Agung, A. A., Dewi, I. A., & dkk. (2017). Media Komunikasi Dalam Penyuluhan Kesehatan. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Handayani, M., & Mariana, D. (2021). Pengaruh Media Audio Visual Cuci Tangan Terhadap Kemampuan Cuci Tangan Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. Jurnal 'Aisyiyah Medika.
http://kbbi.web.id. (n.d.). Retrieved from http://kbbi.web.id/latih.
Indraswari, T., Sari, S. P., Dewi, K. S., & Lestiyadi, A. P. (2021). Pelatihan Keterampilan dan Kreativitas Guna Meningkatkan Penghasilan Rumah Tangga. Jurnal ABDIMAS, 2(1).
Mangkunegara, P. A. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurseto, T. (n.d.).
Sekaryati, T., Rianingrum, C. Y., Dewanti, A. R., & Adisurya, S. I. (2017). Menggugah Kreativitas Anak Melalui Pelatihan Pembuatan Produk Dekoratif Dengan Bahan Kertas. FSRD Trisakti.
Sitepu, V. (2004). Panduan Mengenal Desain Grafis. www.escaeva.com.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Hilma Kahfi Mughni
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.