Peranan Dukungan Sosial Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi di Desa Padaasih
Kata Kunci:
Motivasi belajar, Dukungan sosial, Masa pandemiAbstrak
Motivasi belajar merupakan suatu pendorong dalam kegiatan pembelajaran, oleh karena itu motivasi menjadi unsur penting yang harus ditanamkan pada setiap siswa, terlebih pada masa pandemi. penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan penerapan dukungan sosial dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan rancangan yang digunakan adalah fenomenologi. Data yang diperoleh menggunakan teknik wawancara langsung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 DTA Miftahul Falah. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat pengaruh dukungan sosial terhadap peningkatan motivasi belajar. Dilihat dari respon subjek terkait pertanyaan mengenai yang diajukan menujukan hasil bahwa motivasi belajar subjek meningkat karena terpenuhinya seluruh aspek motivasi belajar. kesimpulan dalam penelitian ini bahwa dukungan sosial memiliki peranan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Referensi
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa sma pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19, IQ (Ilmu Al-qur’an) : Jurnal Pendidikan Islam, (3)1, 123-140.
Kurniawan, D., & Wustqa, D. U. (2014). Pengaruh perhatian orangtua, motivasi belajar, dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa smp. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1 (2).
Mahardhika, N. A., Jusuf, J. B. K., & Priyambada, G. (2018). Dukungan orangtua terhadap motivasi berprestasi siswa skoi kalimantan timur dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 14 (2), 62-68.
Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20 (4).
Nasution, S. Z., & Purba, W. D. (2017). Pengaruh dukungan keluarga terhadap motivasi mahasiswa reguler menjalani pendidikan di fakultas keperawatan universitas sumatera utara. JPPNI, 1 (3).
Rahmi, E. V. (2011). Pengaruh dukungan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar musik pada remaja. Psikologi. Fakultas Psikologi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA, CV.
Zulkarnain, M., Sari, E. Y. D., Purwadi. (2019). Peranan dukungan sosial dan self esteem dalam meningkatkan motivasi belajar, Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 447-452.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Maya Saumayani Destiana
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.