Evaluasi Pengajar Ngaji Alquran dalam Upaya Mengembangkan Kreativitas Mengajar Melalui Peran Psikologi Pendidikan (Studi Kasus Pengajian Alquran di Masjid Ar-Ridwan, Desa Rahayu, Bandung)

Penulis

  • Fahmi Alaudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Astri Yuliawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Evaluasi, Guru Ngaji, Kreativitas Mengajar, Peran Psikologi Pendidikan

Abstrak

Kegiatan mengaji quran pada umumnya dilakukan diwaktu setelah magrib selesai shalatmagrib dibeberapa desa. Hal ini sama juga dilakukan dimasjid Ar-Ridwan, didesa rahayu kecamatan margaasih, kabupaten bandung. Dimasjid tersebut selalu melaksanakan kegiatan pengajian quran rutinan setiap selesai magrib dan pengajian tersebut dikhususkan untuk anak-anak. Dalam kegiatan pengajian quran tersebut tidak selamanya berjalan dengan lancar. Adakalanya masalah yang harus dihadapi para pengajar. Contohnya ketika berlangsungnya pengajian quran anak-anak yang dialami disaat mengajar ialah tingkah laku anak-anak yang seringkali menggoyahkan konsentrasi guru pengajar ngaji disaat pengajian berlangsung ialah sebagian anak-anak selalu ada yang bermain disaat ngaji dengan temannya, seperti bercanda, berkelahi, lompat-lompat dan lari-lari. maka melihat dari permasalah yang timbul, penulis berusaha mencari solusi dengan melakukan evaluasi kepada pengajar dengan memberikan pemahaman mengenai peran psikologi Pendidikan untuk upaya mengembangkan kreativitas mengajar bagi guru ngaji terhadap anak-anak yang di ajarkannya. Kemudian metode yang dilakukan ialah dengan melakukan wawancara dan dengan hasil pengajar mampu menerapkan Peran Psikologi Pendidikan Dalam Upaya Mengembangkan Kreativitas Mengajar Bagi Guru Ngaji Terhadap Anak-Anak Usia Dini.

Referensi

The activity of reciting the Koran is generally carried out at the time after sunset after the Maghrib prayer in several villages. This is also done at the Ar-Ridwan mosque, in the village of Rahayu, Margaasih sub-district, Bandung district. The mosque always carries out routine Quran recitation activities every evening after sunset and the recitation is specifically for children. In the Koran recitation activities do not always run smoothly. There are times when teachers have to deal with problems. For example, when the Koran recitation takes place, what children experience when teaching is the behavior of children who often shake the concentration of the Koran teaching teacher when the recitation takes place. and run. so looking at the problems that arise, the author tries to find a solution by providing an understanding of the role of educational psychology in an effort to develop teaching creativity for the Koran teacher to the children he teaches. Then the method used is by conducting interviews and with the results that teachers are able to apply the Role of Educational Psychology in an Effort to Develop Teaching Creativity for Teachers of the Koran to Early Childhood.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-08

Cara Mengutip

Alaudin, F., & Yuliawati, A. (2021). Evaluasi Pengajar Ngaji Alquran dalam Upaya Mengembangkan Kreativitas Mengajar Melalui Peran Psikologi Pendidikan (Studi Kasus Pengajian Alquran di Masjid Ar-Ridwan, Desa Rahayu, Bandung). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(80), 1–8. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1412

Terbitan

Bagian

Articles